EFEKTIVITAS METODE SQ3R (SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, AND REVIEW) DAN CIRC (COOPERATIVE, INTEGRATED, READING AND COMPOSITION) TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI DITINJAU DARI MINAT BACA SISWA PADA MATERI POKOK HIDROSFER KELAS X SMA N KEBAKKRAMAT TAHUN AJARAN 2015/2016

Sukmadewi, Dani (2016) EFEKTIVITAS METODE SQ3R (SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, AND REVIEW) DAN CIRC (COOPERATIVE, INTEGRATED, READING AND COMPOSITION) TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI DITINJAU DARI MINAT BACA SISWA PADA MATERI POKOK HIDROSFER KELAS X SMA N KEBAKKRAMAT TAHUN AJARAN 2015/2016. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (154Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Dani Sukmadewi (K5412022). EFEKTIVITAS METODE SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, and Review) DAN CIRC (Cooperative, Intregated, Reading, and Composition) TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI DITINJAU DARI MINAT BACA SISWA PADA MATERI POKOK HIDROSFER KELAS X SMA N KEBAKKRAMAT TAHUN AJARAN 2015/2016. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret, Agustus 2016. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) Perbedaan hasil belajar Geografi pada metode pembelajaran SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, and Review) dan metode pembelajaran CIRC (Cooperative, Integrated, Reading, and Composition terhadap hasil belajar Geografipada materi pokok Hidrosfer,(2) Pengaruh minat baca siswa terhadap hasil belajar Geografipada materi pokok Hidrosfer, dan (3) Interaksi antara penggunaan metode pembelajaran dengan minat baca siswa terhadap hasil belajar Geografi pada materi pokok Hidrosfer. Penelitian ini termasuk jenis eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah semua kelas X SMA N Kebakkramat tahun ajaran 2015/2016. Sampel yang terpilih adalah kelas X-7 dan X-8 dengan teknik pengambilan sampel cluster random sampling. Pengumpulan data minat baca menggunakan angket dan data hasil belajar menggunakan tes. Analisis data menggunakan uji anava dua jalan (Anava two way) yang dilanjutkan dengan uji Scheffe dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Penggunaan metode pembelajaran SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, and Review)lebih efektif dengan rerata hasil belajar yaitu 76,10 daripada dengan penggunaan metode pembelajaran CIRC (Cooperative, Integrated, Reading, and Composition) dengan rerata hasil belajar 70,10terhadap hasil belajar Geografi pada materi pokok Hidrosfer, (2) Siswa dengan minat baca tinggi memiliki hasil belajar Geografi pada materi pokok Hidrosfer yang lebih baik dengan rerata hasil belajar yaitu 77,00 daripada siswa yang memiliki minat baca rendah yaitu dengan rerata hasil belajar 70,00,dan (3) Tidak terdapat interaksi antara penggunaan metode pembelajaran dengan minat baca siswa terhadap hasil belajar Geografi pada materi pokok Hidrosfer. Kata Kunci: SQ3R, CIRC, Hasil belajar, Minat baca.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
    Depositing User: Gun Gun Gunawan
    Date Deposited: 05 Dec 2016 09:54
    Last Modified: 05 Dec 2016 09:54
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/30742

    Actions (login required)

    View Item