PENINGKATAN KEAKTIFAN BERTANYA DAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING DENGAN MACROMEDIA FLASH

ABU SALAM, MUHAMMAD (2016) PENINGKATAN KEAKTIFAN BERTANYA DAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING DENGAN MACROMEDIA FLASH. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (367Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan bertanya dan motivasi belajar peserta didik melalui model discovery learning dengan macromedia flash. Penelitian yang dilakukan merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action research) yang dilaksanakan selama dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah peserta didik kelas X MIA 2 SMA Negeri 1 Teras Boyolali Tahun Pelajaran 2014/2015 dengan jumlah 34 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Validitas data menggunakan teknik triangulasi. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif yang terdiri atas tiga kegiatan yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan peningkatan keaktifan bertanya dan motivasi belajar peserta didik. Hasil keaktifan bertanya peserta didik rata-rata pada prasiklus adalah 20,59%, siklus pertama adalah 52,94% dan siklus kedua adalah 88,24%. Hasil motivasi belajar peserta didik rata-rata keseluruhan indikator pada prasiklus adalah 39,79%, siklus pertama adalah 62,51% dan siklus kedua adalah 74,80%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa keaktifan bertanya dan motivasi belajar peserta didik mengalami peningkatan melalui model discovery learning dengan macromedia flash.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Q Science > QK Botany
    Q Science > QL Zoology
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
    Depositing User: Rina Dwi Setianingrum
    Date Deposited: 05 Dec 2016 09:48
    Last Modified: 05 Dec 2016 09:48
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/30738

    Actions (login required)

    View Item