“FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT MASYARAKAT USIA PRODUKTIF TERHADAP KEGIATAN OLAHRAGA SE KOTA SURAKARTA DITINJAU DARI JENIS KELAMIN, KELOMPOK UMUR, GOLONGAN POKOK PEKERJAAN DAN LATAR BELAKANG PENDIDIKAN”

TAUFIK ARI W, MUHAMAD (2016) “FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT MASYARAKAT USIA PRODUKTIF TERHADAP KEGIATAN OLAHRAGA SE KOTA SURAKARTA DITINJAU DARI JENIS KELAMIN, KELOMPOK UMUR, GOLONGAN POKOK PEKERJAAN DAN LATAR BELAKANG PENDIDIKAN”. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (513Kb)

    Abstract

    Muhamad Taufik Ari Wibowo. Nim : A121408030. 2016. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Masyarakat Usia Produktif Terhadap Kegiatan Olahraga Se Kota Surakarta Ditinjau dari Jenis Kelamin, Kelompok Umur, Golongan Pokok Pekerjaan dan Latar Belakang Pendidikan, Tesis. Pembimbing I: Prof. Dr. Agus Kristiyanto, M.Pd., II: Prof. Dr. Kiyatno., dr.,PFK.,M.Or., AIFO. Program Studi Ilmu Keolahragaan, Program Pascasarjana, Universitas Sebelas Maret Surakarta. Penelitian ini mempunyai tujuan Untuk Memaparkan Data dilapangan akan faktor-faktor yang mempengaruhi minat terhadap kegiatan olahraga anak sekolah se kota surakarta ditinjau dari jenis kelamin, kelompok umur ,golongan pokok pekerjaan dan latar belakang pendidikan. Penelitian ini menggunakan metode diskriptif dengan teknik survey. Sumber data penelitian ini adalah masyarakat berusia produktif se kota Surakarta sesuai dengan jenis kelamin, kelompok umur, golongan pokok pekerjaan dan latar belakang pendidikan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Quota Sampling. Teknik Pengumpulan data yang digunakan adalah instrumen yang berisi seperangkat kuisioner. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini secara kuantitatif dengan bantuan analisis statistik deskriptif, melalui uji coba instrumen terlebih dahulu seperti uji validitas dan uji reliabilitas. Berdasarkan hasil penelitian terlihat dari 108 responden yang telah ditinjau dari Jenis Kelamin, kelompok umur ,golongan pokok pekerjaan dan latar belakang pendidikan peminat Olahraga tim/ olahraga lapangan masyarakat usia produktif se-kota Surakarta adalah sebesar 54%, beraket 43%, aquatic 42%, individu 53%, beladiri 51%, permainan rekreasional 37%, dan aktivitas kebugaran 42%. Selain itu terlihat dari 108 responden yang telah ditinjau dari Jenis Kelamin, kelompok umur ,golongan pokok pekerjaan dan latar belakang pendidikan, faktor intrinsik yang mendorong minat masyarakat usia produktif se-kota Surakarta meyukai olahraga pilihannya dipengaruhi oleh The factor inner urge sebesar 43%, The factor of social motive sebesar 60%, Emosianal factor: sebesar 57%, sedangkan faktor ekstrinsik yang mendorong minat masyarakat usia produktif se-kota Surakarta meyukai olahraga pilihannya dipengaruhi oleh Faktor Motivasi dan cita-cita sebesar 43%, Faktor Sikap terhadap objek 42%, Faktor keluarga sebesar 39%, faktor fasilitas sebesar 49%, faktor Teman pergaulan sebesar 40%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah golongan pekerjaan sangat mempengaruhi masyarakat menentukan minat terhadap kegiatan olahraga. Dan Seluruh komponen dalam faktor intrinsik dan ekstrinsik sangat mempengaruhi masyarakat menentukan minat berolahraga. Kata kunci: Minat Masyarakat Usia Produktif ,Kegiatan olahraga, Jenis Kelamin, Kelompok Umur, Golongan Pokok Pekerjaan Dan Latar Belakang Pendidikan

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister > Ilmu Keolahragaan
    Depositing User: Rina Dwi Setianingrum
    Date Deposited: 05 Dec 2016 09:43
    Last Modified: 05 Dec 2016 09:43
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/30734

    Actions (login required)

    View Item