SASANA KREATIVITAS ANAK DI KOTA SURAKARTA DENGAN PENDEKATAN PSIKOLOGI ARSITEKTUR

Diharti, Alfin Clara (2016) SASANA KREATIVITAS ANAK DI KOTA SURAKARTA DENGAN PENDEKATAN PSIKOLOGI ARSITEKTUR. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (186Kb)

    Abstract

    Pada masa anak-anak, anak banyak melakukan pembelajaran, baik mengenai diri, lingkungan sosial, dan lingkungan sekitar. Bertitik dari pentingnya masa anak-anak sebagai masa tumbuh kembang, dibutuhkan suatu ruang edukasi yang mampu membantu anak belajar mengembangkan minat, bakat, serta potensi yang ada pada diri. Sasana Kreativitas Anak merupakan sebuah wadah pengembangan minat dan bakat anak. Permasalahan dalam proses perencanaan dan perancangan Sasana Kreativitas Anak yaitu bagaimana penerapan psikologi arsitektur yang akan digunakan sebagai dasar proses mendesain. Tujuan dari proses perencanaan dan perancangan adalah mendapatkan konsep desain Sasana Kreativitas Anak sebagai tempat pembelajaran minat dan bakat. Penerapan metode Psikologi Arsitektur dalam perancangan yaitu dengan mengaplikasikan elemen arsitektur yang dapat mempengaruhi psikologi anak seperti penerapan ruang, warna, proporsi dan skala, penghawaan dan pencahayaan, tekstur dan bahan, keamanan, pendukung interior, serta bentuk dan wujud. Konsep perancangan diwujudkan melalui optimalisasi potensi tapak, pengorganisasian ruang yang mengutamakan keamanan anak, konsep ruang yang menggunakan permainan warna, dan material yang mampu memberikan kesan secara psikologis sesuai dengan kebutuhan ruang.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
    Divisions: Fakultas Teknik > Arsitektur
    Depositing User: Gun Gun Gunawan
    Date Deposited: 05 Dec 2016 09:37
    Last Modified: 05 Dec 2016 09:37
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/30732

    Actions (login required)

    View Item