Hubungan Asistensi Anatomi dengan Pencapaian Tujuan Pembelajaran Praktikum Anatomi pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret

FIRYANA, RACHMAWAN (2016) Hubungan Asistensi Anatomi dengan Pencapaian Tujuan Pembelajaran Praktikum Anatomi pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (401Kb)

    Abstract

    Rachmawan Firyana, G0012172, 2016. Hubungan Asistensi Anatomi dengan Pencapaian Tujuan Pembelajaran Praktikum Anatomi Pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret. Skripsi. Fakultas Kedokteran, Universitas Sebelas Maret, Surakarta. Pendahuluan: Kegiatan praktikum di laboratorium anatomi Fakultas Kedokteran Universitas sebelas maret meliputi asistensi, pretest, praktikum, dan responsi. Asistensi atau yang disebut juga peer assisted learning (PAL) adalah kegiatan pembelajaran dimana perolehan ilmu berasal dari rekan yang derajadnya sama dengan peserta yang menerima ilmu. Penelitian ini bertujuan untuk mencari hubungan antara asistensi anatomi dengan pencapaian tujuan pembelajaran praktikum anatomi, dikarenakan tidak semua Fakultas Kedokteran di Indonesia menerapkan asistensi sebagai kuliah pengantar praktikum yang di ampu oleh asisten. Metode: penelitian ini merupakan penelitian eksperimental quasi dengan metode Pretest posttest with control group. Materi anatomi yang diteliti adalah muskuloskeletal, respirasi, dan system saraf. Sampel diambil dari populasi mahasiswa Program Studi Kedokteran Universitas Sebelas Maret angkatan 2015 dan dipilih dengan menggunakan teknik simple random sampling. Sample diperoleh sebanyak 65 orang, kelompok perlakuan sebanyak 31 orang dan kelompok kontrol sebanyak 34 orang. Setiap kelompok diminta menyelesaikan soal pretest-posttest sebanyak satu kali untuk setiap materi. Data yang diperoleh di analisis secara statistik dengan analisis mann-whitney test, dan analisis multivariat dengan uji regresi linier ganda, menggunakan program statistical package for Social Sciences (SPSS) Hasil: Rata-rata pretest dan posttest anatomi kelompok perlakuan dan kontrol : pretest 16,77 – 16,47 dan postest 53,55 – 19,80 untuk materi respirasi, pretest 14,41 – 14.31 dan posttest 55,91 – 16,47 untuk materi muskuloskeletal, pretest 10.97 – 10,39 dan posttest 42,58 – 12,94 untuk materi system saraf. Hasil uji statistik mann-whitney test menghasilkan p < 0,001. Sedangkan untuk analisis regresi linier ganda menghasilkan nilai p<0,001 untuk materi respirasi, muskuloskeletal, dan materi sistem saraf. Semua pengujian dengan taraf signifikansi sebesar p<0,05 yang berarti ada perbedaan yang signifikan antara nilai pada kelompok perlakuan dengan kelompok kontrol. Simpulan: Mahasiswa yang diberi asistensi akan mencapai penguasaan materi anatomi yang lebih tinggi dibandingkan mahasiswa yang tidak diberi asistensi. Kata kunci : Asistensi, Tujuan Pembelajaran, Mahasiswa Pendidikan Dokter.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
    R Medicine > RZ Other systems of medicine
    Divisions: Fakultas Kedokteran
    Depositing User: Mujahid Zenul
    Date Deposited: 05 Dec 2016 00:06
    Last Modified: 05 Dec 2016 00:06
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/30720

    Actions (login required)

    View Item