pengarih lingkungan belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas XI jurusan akuntansi di SMK Negeri 1 Juwiring tahun 2015

FATMAWATI, OKTI (2016) pengarih lingkungan belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas XI jurusan akuntansi di SMK Negeri 1 Juwiring tahun 2015. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (536Kb)

    Abstract

    Okti Fatmawati. K7410138. PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI JURUSAN AKUNTANSI DI SMK NEGERI 1 JUWIRING TAHUN 2015. Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juni 2016. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) pengaruh lingkungan belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa kelas XI Akuntansi di SMK 1 Juwiring tahun 2015; (2) pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa kelas XI Akuntansi di SMK 1 Juwiring tahun 2015; (3) pengaruh lingkungan belajar dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa kelas XI Akuntansi di SMK 1 Juwiring tahun 2015. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain kausal komparatif (expost facto). Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI Akuntansi di SMK Negeri 1 Juwiring. Sampel penelitian adalah siswa kelas XI Akuntansi 2 yang berjumlah 36 siswa yang ditentukan menggunakan teknik purposive sampling. Angket dan dokumentasi digunakan sebagai alat pengumpulan data. Teknik uji validitas menggunakan Product Moment Pearson dengan taraf signifikansi 5%. Teknik uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan inferensial meliputi uji regresi linear berganda. Hasil penelitian adalah sebagai berikut ini. Pertama, terdapat pengaruh yang positif dan signifikan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar siswa jurusan akuntansi di SMK Negeri 1 Juwiring tahun 2015 dengan hasil pengujian thitung > ttabel (3,377 > 2,037) dan nilai signifikansi 0,002 < 0,05. Kedua, terdapat pengaruh yang positif dan signifikan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa jurusan akuntansi di SMK Negeri 1 Juwiring tahun 2015 dengan hasil pengujian thitung > ttabel (2,814 > 2,037) dan nilai signifikansi 0,008 < 0,05. Ketiga, terdapat pengaruh yang positif dan signifikan lingkungan belajar dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa jurusan akuntansi di SMK Negeri 1 Juwiring tahun 2015 dengan hasil pengujian Fhitung > Ftabel (29,456 > 3,32) dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Kata kunci: lingkungan belajar, motivasi belajar, prestasi belajar akuntansi

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    L Education > LG Individual institutions (Asia. Africa)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: Mujahid Zenul
    Date Deposited: 05 Dec 2016 00:00
    Last Modified: 05 Dec 2016 00:00
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/30717

    Actions (login required)

    View Item