FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENERAPAN AKUNTANSI BERBASIS AKRUAL PADA PEMERINTAH KABUPATEN MAGETAN: PENDEKATAN MIXED METHOD

ANDHIKARINI, MIRAWATI (2016) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENERAPAN AKUNTANSI BERBASIS AKRUAL PADA PEMERINTAH KABUPATEN MAGETAN: PENDEKATAN MIXED METHOD. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (99Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor–faktor yang mempengaruhi penerapan akuntansi akrual pada Pemerintah Kabupaten Magetan dan bagaimana penerapannya pada Pemerintah Kabupaten Magetan. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode riset campuran sekuensial eksplanatoris. Hasil penelitian kuantitatif dengan metode survei terhadap pengelola keuangan yang dianalisis menggunakan analisis faktor eksploratori menemukan delapan faktor yang mempengaruhi penerapan akuntansi berbasis akrual pada Pemerintah Kabupaten Magetan, yaitu: sumber daya manusia dan sistem informasi, sistem pengendalian internal, karakteristik entitas, sosialisasi/pelatihan, komitmen pimpinan, regulasi, pemanfaatan teknologi informasi, dan kecukupan jumlah sumber daya manusia. Kedelapan faktor tersebut mampu menjelaskan 64,79% dari seluruh variasi. Hasil penelitian kualitatif dengan analisis tematik menjelaskan bahwa dari delapan faktor tersebut, sumber daya manusia dan sistem informasi merupakan kendala terbesar yang dihadapi oleh Pemerintah Kabupaten Magetan. Secara keseluruhan, disimpulkan bahwa penerapan akuntansi berbasis akrual pada Pemerintah Kabupaten Magetan masih bersifat normatif, sekedar menggugurkan kewajiban. Inovasi kreatif harus dimunculkan sebagai wujud nyata komitmen Pemerintah Kabupaten Magetan mensukseskan penerapan akuntansi berbasis akrual.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: H Social Sciences > HG Finance
    H Social Sciences > HJ Public Finance
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister > Akuntansi - S2
    Depositing User: Mujahid Zenul
    Date Deposited: 04 Dec 2016 23:48
    Last Modified: 04 Dec 2016 23:48
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/30711

    Actions (login required)

    View Item