PENINGKATAN HASIL BELAJAR BERMAIN SEPAKBOLA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (Team Games Turnament) PADA PESERTA DIDIK KELAS X TKJ SMK MUHAMMADIYAH 2 NGAWI

RIZQY, MIFTACHUR (2016) PENINGKATAN HASIL BELAJAR BERMAIN SEPAKBOLA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (Team Games Turnament) PADA PESERTA DIDIK KELAS X TKJ SMK MUHAMMADIYAH 2 NGAWI. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1051Kb)

    Abstract

    Miftachur Rizqy. K4612099. “PENINGKATAN HASIL BELAJAR BERMAIN SEPAKBOLA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (Team Games Turnament) PADA PESERTA DIDIK KELAS X TKJ SMK MUHAMMADIYAH 2 NGAWI TAHUN AJARAN 2016/2017” Skripsi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret Surakarta. Maret 2016. Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar permainan sepakbola pada peserta didik kelas X TKJ SMK Muhammadiyah 2 Ngawi tahun ajaran 2016/2017 melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Sumber data dalam penelitian ini berasal dari peserta didik, peneliti dan guru yang bertindak sebagai kolaborator. Teknik pengumpulan data menggunakan tes observasi dan angket kartu ceria. Validitas data menggunkan teknik triangulasi data. Analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif yang didasarkan pada analisis kualitatif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat meningkatkan hasil belajar bermain sepakbola dari prasiklus ke siklus 1 dan dari siklus I ke siklus II. Hasil belajar bermain sepakbola dari pada siklus I dalam kategori tuntas adalah 61,11% atau 22 peserta didik. Pada siklus II terjadi peningkatan prosentase hasil belajar bermain sepakbola dalam kategori tuntas sebesar 88,89% atau 32 peserta didik. Simpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Team Games Turnament) dapat meningkatkan hasil belajar bermain sepakbola pada peserta didik kelas X TKJ SMK Muhammadiyah 2 Ngawi tahun ajaran 2016/2017.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    L Education > LG Individual institutions (Asia. Africa)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
    Depositing User: Mujahid Zenul
    Date Deposited: 04 Dec 2016 23:46
    Last Modified: 04 Dec 2016 23:46
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/30710

    Actions (login required)

    View Item