PENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP BILANGAN MELALUI PEMBELAJARAN AKTIF CARD SORT PADA KELOMPOK A TK AR-ROHMAH WIRUN MOJOLABAN SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2015/2016

ANDRIYANI, FITRIA (2016) PENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP BILANGAN MELALUI PEMBELAJARAN AKTIF CARD SORT PADA KELOMPOK A TK AR-ROHMAH WIRUN MOJOLABAN SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2015/2016. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (914Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Fitria Andriyani. K8112030. PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP BILANGAN MELALUI PEMBELAJARAN AKTIF CARD SORT KELOMPOK A TK AR-ROHMAH WIRUN MOJOLABAN SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2015/2016. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta. Oktober 2016. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran melalui Pembelajaran AktifCard Sortpada anak kelompok A TK Ar-Rohmah Wirun Mojolaban Sukoharjo Tahun Ajaran 2015/2016 dan meningkatkan pemahaman konsep bilangan melalui Pembelajaran AktifCard Sortpada anak kelompok A TK Ar-Rohmah Wirun Mojolaban Sukoharjo Tahun Ajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah anak kelompok A TK Ar-Rohmah Wirun Mojolaban Sukoharjo yang berjumlah 25 anak. Sumber data berasal dari guru dan anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes unjuk kerja. Validitas data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui Pembelajaran AktifCard Sortdapat meningkatkan kualitas proses pembelajaranpemahaman konsep bilangan anak kelompok A TK Ar-Rohmah Wirun Mojolaban Sukoharjodan meningkatkan pemahaman konsep bilangan dari prasiklus ke siklus I, dan dari siklus I ke siklus II. Ketuntasan anak secara klasikal dalam pemahaman konsep bilangan pada prasiklus adalah sebesar 32% atau 8 anak yang mencapai kriteria tuntas. Peningkatan terjadi pada siklus I yaitu 52% atau 13 anak mencapai kriteria tuntas dalam pemahaman konsep bilangan. Dilanjutkan ke siklus II ketuntasan anak secara klasikal dalam mengenal konsep bilangan meningkat menjadi 84% atau 21 anak mencapai kriteria tuntas. Simpulan penelitian ini adalah melalui Pembelajaran AktifCard Sortdapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran pemahaman konsep bilangan pada anak kelompok A TK Ar-Rohmah Wirun Mojolaban Sukoharjo Tahun Ajaran 2015/2016 dan dapat meningkatkan pemahaman konsep bilangan melalui Pembelajaran AktifCard Sort pada anak kelompok A TK Ar-Rohmah Wirun Mojolaban Sukoharjo Tahun Ajaran 2015/2016. Kata kunci : konsep bilangan, Pembelajaran Aktif Card Sort, kualitas proses pembelajaran ABSTRACT Fitria Andriyani. K8112030. THE IMPROVEMENT OF NUMBERING CONCEPT THROUGHCARD SORT ACTIVE LEARNING ON GROUP A OF AR-ROHMAH KINDERGARTEN OF WIRUN MOJOLABAN SUKOHARJOIN ACADEMIC YEAR OF 2015/2016.Thesis, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Sebelas Maret Surakarta. October 2016. The objectives of this research are to improve the learning proses quality through Card Sort Active Learning on students at group A of Ar-Rohmah Kindergarten of Wirun Mojolaban Sukoharjo in Academic Year of 2015/2016and to improve the understanding of numbering concept through Card Sort Active Learning on students at group A of Ar-Rohmah Kindergarten of Wirun Mojolaban Sukoharjoin Academic Year of 2015/2016. This research was Classrom Action Resarch which had been done in two cycles. Each cycle consisted of planning, implementation, observation, and reflection. The subjects of this research were 25 students at group A of Ar-Rohmah Kindergarten Wirun Mojolaban Sukoharjo. The sources of data were from teacher and students. The data were collected by using observation, interview, documentation, and performance test. The data were validated by using source triangulation and technique triangualtion. The data were analyzed by using interactive analysis model which consisted of collecting the data, reducting the data, presenting the data, and drawing conclusion. The result of this resarch showed that Card Sort Active Learning could improve the learning process quality of understanding numbering concept on students at group A of Ar-Rohmah Kindergarten of Wirun Mojolaban Sukoharjoand could improve the understanding of numbering concept from pre-cycleto cycle I, and from cycle I to cycle II. The students’ classical passing grade in understanding numbering concept on pre-cycle was32% or 8 students were passed. In cycle I, the number was increased into52% or 13 students were passed. And in the cycle II, the number was increased again into 84% or21students were passed. It can be concluded that Card Sort Active Learning could improve the learning process quality of understanding numbering concept on students at group A ofAr-Rohmah Kindergarten of Wirun Mojolaban Sukoharjoin Academic Year of 2015/2016and could improve the understanding of numnbering concept on students at group A of Ar-Rohmah Kindergarten of Wirun Mojolaban Sukoharjoin Academic Year of 2015/2016. Keywords: Numbering Concept, Card Sort Active Learning, Learning Process Quality

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    L Education > LG Individual institutions (Asia. Africa)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
    Depositing User: Mujahid Zenul
    Date Deposited: 04 Dec 2016 22:19
    Last Modified: 04 Dec 2016 22:19
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/30697

    Actions (login required)

    View Item