ANALISIS OMZET DAN KEUNTUNGAN USAHA WARUNG TRADISIONAL SEBELUM DAN SETELAH ADANYA MINIMARKET DI KECAMATAN BANJARSARI KOTA SURAKARTA

ALWAFI, ULIN NUHA (2016) ANALISIS OMZET DAN KEUNTUNGAN USAHA WARUNG TRADISIONAL SEBELUM DAN SETELAH ADANYA MINIMARKET DI KECAMATAN BANJARSARI KOTA SURAKARTA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (93Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perubahan omzet dan keuntungan usaha warung tradisional sebelum dan setelah adanya minimarket di Kecamatan Banjarsari. Data penelitian ini adalah data primer yang diperoleh melalui survei. Jumlah sampel dalam penelitian ini berjumlah 244 responden. Teknik penentuan sampel yaitu quota sampling. Metode analisis data yaitu uji beda dua rata-rata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan omzet dan keuntungan usaha warung tradisional sebelum dan setelah adanya minimarket. Rata-rata omzet warung tradisional turun sebesar 17% setelah adanya minimarket, sedangkan rata-rata keuntungan warung tradisional turun sebesar 21% setelah adanya minimarket. Saran penelitian ini adalah: (1) Pemerintah Kota Surakarta diharapkan dapat memaksimalkan penerapan Peraturan Pemerintah (PP) No.112/ 2007 tentang Penataan dan Pembinaan Pasar Tradisional, Pusat Perbelanjaan dan Toko Modern, (2) Bagi pemilik usaha warung tradisional agar menjual barang yang tidak dijual di minimarket serta menetapkan harga yang lebih murah sehingga jumlah omzet dan keuntungan tidak turun setelah adanya minimarket.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan
    Depositing User: Mujahidah Showafah
    Date Deposited: 04 Dec 2016 21:19
    Last Modified: 04 Dec 2016 21:19
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/30678

    Actions (login required)

    View Item