PELAYANAN BPJS KESEHATAN DALAM PENYELENGGARAAN PROGRAM JAMINAN KESEHATAN NASIONAL (JKN) BERBASIS GOOD GOVERNANCE DI SURAKARTA

UTAMI, WIJAYANTI DIAH (2016) PELAYANAN BPJS KESEHATAN DALAM PENYELENGGARAAN PROGRAM JAMINAN KESEHATAN NASIONAL (JKN) BERBASIS GOOD GOVERNANCE DI SURAKARTA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (6Mb)

    Abstract

    ABSTRAK Wijayanti Diah Utami, D1114026. “Pelayanan BPJS Kesehatan Dalam Penyelenggaraan Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Berbasis Good Governance Di Surakarta”. Skripsi : Program Studi Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Sebelas Maret, Surakarta, 2016. 149 Halaman Peran pemerintah terhadap warga negaranya dalam menjalankan pemerintahan salah satunya adalah dengan memberikan pelayanan publik. Salah satu pelayanan publik tersebut adalah pelayanan kesehatan. Sebagai bentuk tanggung jawab pemerintah dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat yaitu dengan program jaminan kesehatan melalui BPJS Kesehatan. Sebagaimana tugas BPJS Kesehatan dalam mengelola pelayanan pengurusan kepesertaan Jamianan Kesehatan Nasional (JKN), BPJS Kesehatan kantor Cabang Surakarta juga bertugas menyelenggarakan pelayanan dalam kepesertaan JKN. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisisi tentang Pelayanan BPJS Kesehatan dalam penyelenggaraan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) berbasis good governance di Surakarta yang didasarkan pada prinsip-prinsip good governance yaitu partisipasi, aturan hukum, transparansi, daya tanggap, berorientasi konsensus,efektif dan efisien, akuntabilitasm visi strategis. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan mengkaji dokumen. Teknik pengambilan data menggunakan purposif sampling, sedangkan validitas data menggunakan trianggulasi sumber. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan analisis model interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pelayanan BPJS Kesehatan dalam penyelenggaraan program JKN di Surakarta telah mampu melaksanakan tanggungjawabnya sebagai penyelenggara pelayanan. Pelayanan BPJS Kesehatan dalam penyelenggaraan program JKN di Surakarta telah mampu melaksanakan tanggungjawabnya sebagai penyelenggara pelayanan. Dengan demikian, secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa pelayanan BPJS Kesehatan sudah memenuhi harapan masyarakat selaku pengguna layanan. Selain itu, tercapainya pelayanan tersebut menunjukkan bahwa tujuan negara menuju pemerintahan yang baik (Good Governance) telah tercapai, salah satunya melalui BPJS Kesehatan dengan program JKN. Kata Kunci: Pelayanan, Jaminan Kesehatan Nasional, Good Governance

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara
    Depositing User: Yanny Wulandari
    Date Deposited: 04 Dec 2016 20:12
    Last Modified: 04 Dec 2016 20:12
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/30655

    Actions (login required)

    View Item