Penerapan Outdoor Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Kelompok B1 TK Aisyiyah Nusukan I Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016

HAJAR, SITI (2016) Penerapan Outdoor Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Kelompok B1 TK Aisyiyah Nusukan I Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1257Kb)

    Abstract

    Siti Hajar.PENERAPANOUTDOOR LEARNINGUNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK KELOMPOK B1 TK AISYIYAH NUSUKAN I SURAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret, September 2016. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berhitung melalui penerapan Outdoor Learning pada anak kelompok B1 TK Aisyiyah Nusukan I Surakarta tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam empat siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek dan sumber data pada penelitian ini adalah anak kelompok B1 TK Aisyiyah Nusukan I Surakarta yang berjumlah 25 orang dan guru kelompok B1. Data dalam penelitian ini adalah data tentang nilai kemampuan berhitung anak, data tentang aktivitas anak, dan data kinerja guru dalam pembelajaran berhitung. Teknik pengumpulan data dilaksanakan melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan tes unjuk kerja. Validitas data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan berhitung anak setelah pemberian tindakan dengan menerapkan Outdoor Learning. Pada prasiklus diperoleh ketuntasan kemampuan berhitung sejumlah 10 anak atau 40%. Pada siklus I diperoleh ketuntasan kemampuan berhitung sejumlah 12 anak (48%). Pada siklus II ketuntasan kemampuan berhitung anak mengalami peningkatan sebesar (64%) atau 16 anak. Pada siklus III diperoleh ketuntasan kemampuan berhitung sejumlah 19 anak (76%). Dan pada siklus IV diperoleh ketuntasan kemampuan berhitung sejumlah 25 anak (84%). Berdasarkan uraian di atas, maka simpulan penelitian ini adalah melalui penerapan Outdoor Learning dapat meningkatkan kemampuan berhitung anak kelompok B1 TK Aisyiyah Nusukan I Surakarta tahun ajaran 2015/2016. Kata Kunci : Kemampuan Berhitung, Outdoor Learning

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
    Depositing User: Yanny Wulandari
    Date Deposited: 04 Dec 2016 19:46
    Last Modified: 04 Dec 2016 19:46
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/30646

    Actions (login required)

    View Item