PENINGKATAN KEMAMPUAN MENJUMLAHKAN BILANGAN PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK SISWA KELAS SATU SEKOLAH DASAR NEGERI II JENDI KECAMATAN GIRIMARTO KABUPATEN WONOGIRI TAHUN PELAJARAN 2009/2010

KURNIAWAN, BOBBY AGITA (2010) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENJUMLAHKAN BILANGAN PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK SISWA KELAS SATU SEKOLAH DASAR NEGERI II JENDI KECAMATAN GIRIMARTO KABUPATEN WONOGIRI TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (248Kb)

    Abstract

    Bobby Agita Kurniawan, NIM X7108641. Peningkatan Kemampuan Menjumlahkan Pada Mata Pelajaran Matematika Dengan Pendekatan Matematika Realistik Siswa Kelas I Sekolah Dasar Negeri II Jendi Kecamatan Girimarto Kabupaten Wonogiri Tahun Pelajaran 2009 / 2010. Skripsi, Surakarta, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas sebelas Maret Surakarta, Juni 2010. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah; Untuk meningkatkan kemampuan menjumlahkan pada mata pelajaran matematika melalui pendekatan matematika realistik siswa kelas I SD Negeri 2 Jendi. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas terdiri dari dua siklus, tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Sebagai subjek penelitian adalah siswa kelas I SD Negeri II Jendi. Teknik pengumpulan data menggunakan, observasi, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis model interaktif yang terdiri dari tiga komponen analisis yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan simpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini adalah (1) Adanya peningkatan nilai rata-rata yang diperoleh siswa pada tes awal 61,50; akhir siklus pertama 68,50; dan akhir siklus kedua 83,00, (2) Adanya peningkatan prosentase ketuntasan belajar siswa yaitu sebelum tindakan 40%; siklus pertama 80%; dan siklus kedua 100%, (3) Adanya peningkatan keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran matematika, sebelum tindakan 58 (sedang); siklus pertama 71 (tinggi); dan siklus kedua 90 (sangat tinggi) Berdasarkan hasil penelitian di atas maka dapat disimpulkan bahwa melalui pendekatan matematika realistik mampu meningkatkan kemampuan menjumlahkan bilangan siswa kelas I SD N II Jendi Kecamatan Girimarto Kabupaten Wonogiri tahun pelajaran 2009/2010.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Faisal Adhinata
    Date Deposited: 13 Jul 2013 16:25
    Last Modified: 13 Jul 2013 16:25
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/3064

    Actions (login required)

    View Item