KARAKTERISTIK PENAMBAHAN EKSTRAKSI ASBUTON EMULSI PADA ASPAL PENETRASI 60/70 SEBAGAI MODIFIKASI BITUMEN (SEMARBUT ASPAL TIPE 2)

Wibowo, Luqman Try (2016) KARAKTERISTIK PENAMBAHAN EKSTRAKSI ASBUTON EMULSI PADA ASPAL PENETRASI 60/70 SEBAGAI MODIFIKASI BITUMEN (SEMARBUT ASPAL TIPE 2). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (148Kb)

    Abstract

    Aspal buton adalah aspal alami yang dimiliki oleh Indonesia. Kandungan bitumen pada aspal buton bisa mencapai 20%. Penggunaan asbuton sebagai bahan pengikat pada perkerasan jalan tidak sesederhana atau semudah penggunaan aspal minyak, akan tetapi secara prinsip para peneliti sudah menunjukan bahwa asbuton dapat digunakan pada perkerasan jalan. Semarbut Aspal Tipe II adalah penelitian tentang penambahan Ekstraksi Asbuton Emulsi optimum dengan aspal penetrasi 60/70 yang memenuhi syarat dimana aspal dapat melapisi keseluruhan agregat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai hasil uji karakteristik aspal modifikasi antara ekstraksi asbuton emulsi dengan aspal penetrasi 60/70, selain itu juga untuk mengetahui penambahan ekstraksi asbuton emulsi optimum pada aspal penetrasi 60/70 yang sesuai spesifikasi aspal penetrasi 60/70. Penelitian ini menggunakan metode eksperimental berdasarkan syarat dan standar yang ada untuk mendapatkan hasil yang terbaik sesuai dengan ketentuan SNI. Data sekunder didapat dari penelitian sebelumnya yaitu komposisi pembuatan ekstraksi asbuton emulsi yang optimum. Data primer didapat dari uji karakteristik aspal modifikasi, yang meliputi uji titik lembek, uji daktilitas, uji titik nyala dan bakar, uji penetrasi, uji kelekatan dan uji kelarutan aspal modifikasi, dari hasil uji karakteristik tersebut digunakan kadar penambahan ekstraksi asbuton emulsi yang paling optimum. Hasil pengujian karakteristik aspal modifikasi (Semarbut Aspal Tipe 2) didapatkan penambahan ekstraksi asbuton emulsi pada aspal penetrasi 60/70 yang paling terbaik adalah 42,5%. Hasil ini lebih baik apabila dibandingkan dengan penelitian sebelumnya yaitu semarbut aspal tipe 1, yaitu penambahan ekstraksi asbuton emulsinya hanya 27,5%.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
    Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
    Depositing User: Gun Gun Gunawan
    Date Deposited: 04 Dec 2016 11:53
    Last Modified: 04 Dec 2016 11:53
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/30601

    Actions (login required)

    View Item