Analisis Potensi Demand, Ability To Pay (WTP), dan Willingness To Pay (WTP) BST Koridor 1 dengan Adanya Sistem Contra Flow di Jalan Slamet Riyadi pada Sekolah

NURSITA, IRMALIA (2016) Analisis Potensi Demand, Ability To Pay (WTP), dan Willingness To Pay (WTP) BST Koridor 1 dengan Adanya Sistem Contra Flow di Jalan Slamet Riyadi pada Sekolah. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (615Kb)

    Abstract

    Pada tanggal 12 September 2010 Pemerintah Kota membuka Batik Solo Trans (BST) Koridor 1, selain itu membuka BST Koridor 2 yang mempunyai pendekatan dengan sistem BRT (Bus Rapid Transit). Untuk meningkatkan kualitas pelayanan khususnya BST Koridor 1, maka Pemerintah Kota akan menerapkan sistem Contra Flow di Jalan Brigjen Slamet Riyadi. Salah satu fungsi lahan yang dianggap mempunyai potensi demand yang cukup besar adalah sekolah. Selain itu, BST Koridor 1 dan Koridor 2 terjadi overlap pada beberapa ruas jalan, maka perlu adanya penelitian mengenai perubahan demand BST Koridor 2 yang terjadi akibat dari perubahan rute BST Koridor 1 yang menerapkan sistem Contra Flow. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan potensi demand dan nilai ATP dan WTP BST Koridor 1, dan mengetahui pengurangan demand BST Koridor 2. Data penelitian berupa data primer dan sekunder. Data primer dilakukan dengan survei di Sekolah dan survei wawancara di dalam bus BST. Sedangkan data sekunder didapat dari Sekolah yang ditinjau untuk mendapatkan jumlah populasi. Populasi guru, pelajar, dan pengantar pada sekolah yang ditinjau pada segmen Contra Flow sebesar 8415 orang. Hasil analisis menyatakan bahwa potensi demand BST Koridor 1 pada sekolah sebesar 4909 orang. Nilai ATP untuk katagori guru, pelajar, dan pengantar SD lebih besar dari WTP sebelum dan sesudah peningkatan kualitas pelayanan dan tarif yang berlaku sekarang. Nilai WTP untuk katagori guru dan pengantar kurang dari tarif yang berlaku pada saat penelitian dan ATP, sedangkan untuk katagori pelajar sudah sesuai dengan tarif yang berlaku pada saat penelitian tetapi kurang dari tarif ATP. Perubahan potensi demand BST Koridor 2 yang mau beralih ke BST Koridor 1 sebesar 37,01%. Kata kunci : Potensi Permintaan, Ability To Pay, Willingness To Pay, Bus Rapid Transit (BRT), Batik Solo Trans (BST)

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: T Technology > T Technology (General)
    T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
    Divisions: Fakultas Teknik
    Fakultas Teknik > Teknik Sipil
    Depositing User: Agista Zulfa Dini
    Date Deposited: 04 Dec 2016 11:17
    Last Modified: 04 Dec 2016 11:17
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/30586

    Actions (login required)

    View Item