FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEMILIHAN MEREK OTOMOTIF DI SURAKARTA

ADYTIA K, DUDIE (2016) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEMILIHAN MEREK OTOMOTIF DI SURAKARTA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (431Kb)

    Abstract

    Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kesadaran merek, citra merek, asksesibilitas, hubungan emosional, harga, atribut produk, dan pengaruh eksternal secara simultan maupun parsial terhadap keputusan pemilihan merek otomotif di kota Surakarta. Dalam penelitian ini variabel independen yang meliputi kesadaran merek, citra merek, asksesibilitas, hubungan emosional, harga, atribut produk, dan pengaruh eksternal diduga berpengaruh positif terhadap keputusan pemilihan merek otomotif di kota Surakarta. Data penelitian ini merupakan data primer yang dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner di kota Surakarta. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini diambil dengan metode multi-stage sampling dan dari teknik pengambilan sampel yang ditentukan telah diperoleh 150 responden.Uji Validitas dan Reliabilitas serta Uji Asumsi Klasik digunakan sebagai analisis pendahulu dari uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel independen yang terdiri dari kesadaran merek, citra merek, aksesibilitas, hubungan emosional, harga, atribut produk, dan pengaruh eksternal secara simultan mempunyai pengaruh signifikan terhadap variabel dependen keputusan pemilihan merek otomotif.Adapun secara parsial semua variable independen juga memiliki pengaruh positif terhadap variable dependen. Hasil Koefisien Determinasi juga menunjukan nilai sedang dimana variable independen mempengaruhi variable dependen sebesar 59,7%. Penelitian ini hanya terbatas pada pengujian hipotesis yang menghubungkan variabel independen dengan variabel dependen dengan analisis regresi tanpa memperhatikan faktor-faktor demografis yang ada.Diharapkan penelitian ini mampu menjadi pertimbangan strategi bagi perusahaan otomotif maupun perusahaan retail otomotif untuk mencapai konsumen.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    H Social Sciences > HB Economic Theory
    H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Fakultas Ekonomi > Manajemen
    Depositing User: Agista Zulfa Dini
    Date Deposited: 04 Dec 2016 10:28
    Last Modified: 04 Dec 2016 10:28
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/30573

    Actions (login required)

    View Item