STRATEGI PEMASARAN PRODUK OLAHAN IKAN TUNA TINGKAT POKLAHSAR DALAM KERANGKA INDUSTRIALISASI KELAUTAN DAN PERIKANAN DI KABUPATEN PACITAN

PRANOWO, ASMO PURBO (2016) STRATEGI PEMASARAN PRODUK OLAHAN IKAN TUNA TINGKAT POKLAHSAR DALAM KERANGKA INDUSTRIALISASI KELAUTAN DAN PERIKANAN DI KABUPATEN PACITAN. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (87Kb)

    Abstract

    Salah satu industri pengolahan ikan yang sedang berkembang di Kabupaten Pacitan saat ini adalah pengolahan surimi dengan baku ikan tuna. Hasil akhir dari pengolahan surimi ini adalah produk olahan ikan tuna dalam bentuk setengah jadi. Adanya perkembangan teknologi dan perubahan pola konsumsi masyarakat modern yang menginginkan produk olahan yang bersifat praktis, mudah, cepat cara penyajiannya serta bernilai gizi baik merupakan peluang bagi POKLAHSAR produk olahan ikan tuna. Namun demikian dengan tingkat persaingan yang semakin tinggi di era globalisasi ini, POKLAHSAR diharapkan tetap memiliki nilai daya saing yang kuat dan tetap eksis dalam persaingan. Oleh karena itu dalam pengembangan usaha dituntut agar dapat merencanakan atau menyusun formulasi strategi pemasaran yang tempat untuk mencapai keunggulan bersaing yang berkesinambungan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengambilan sampel melalui Purposive Sampling. Total jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 7 (tujuh) kelompok. Alat analisis yang digunakan adalah analisis SWOT dengan teknik analisis IFE (Internal Factor Evaluation), EFE (Eksternal Factor Evaluation) dan IE (Internal - Eksternal). Berdasarkan hasil analisis SWOT menunjukkan bahwa posisi POKLAHSAR produk olahan ikan tuna berada pada Kuadran I, yaitu Strategi Agresif. Berdasarkan posisi tersebut, maka alternatif strategi yang dapat digunakan oleh POKLAHSAR produk olahan ikan tuna yaitu strategi SO (Strength - Opportunity) yang antara lain adalah : 1) Memperluas jaringan distribusi; 2) Membangun loyalitas konsumen; 3) Pengembangan sarana dan prasarana pengolahan ikan; 4) Meningkatkan kualitas SDM; dan 5) Meningkatkan daya saing produk olahan ikan tuna melalui Sertifikasi Kelayakan Pengolahan (SKP). Kata Kunci : Poklahsar, Strategi Pemasaran, Produk Olahan Ikan Tuna, SWOT.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    H Social Sciences > HB Economic Theory
    H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Magister Manajemen
    Depositing User: Agista Zulfa Dini
    Date Deposited: 04 Dec 2016 09:13
    Last Modified: 04 Dec 2016 09:13
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/30562

    Actions (login required)

    View Item