PERS DAN KONVERGENSI MEDIA (Studi Kasus Komunikasi Internal Surat Kabar Solopos Dalam Menuju Konvergensi Media)

PRIHARTO, ANTON WAHYU (2016) PERS DAN KONVERGENSI MEDIA (Studi Kasus Komunikasi Internal Surat Kabar Solopos Dalam Menuju Konvergensi Media). Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (158Kb)

    Abstract

    ABSTRAK ANTON WAHYU PRIHARTONO. NIM: S231308002. 2016. PERS DAN KONVERGENSI MEDIA (Studi Kasus Komunikasi Internal Surat Kabar Solopos Dalam Proses Menuju Konvergensi Media). Pembimbing I: Sri Hastjarjo SSos., Ph.D, Pembimbing II: Dr. Andre Rahmanto, SSos., Msi. Program Studi Ilmu Komunikasi, Program Pasca Sarjana, Universitas Sebelas Mater. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana proses komunikasi internal yang dilakukan Solopos dalam proses menuju konvergensi media, mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam proses Solopos menuju konvergensi media dan mengetahui model konvergensi media yang dilakukan Solopos. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian studi kasus. Penelitian kualitatif ini diharapkan mampu memberikan gambaran yang detail dan mendalam tentang proses komunikasi internal yang dilakukan Solopos dalam rangka menuju proses konvergensi media, model konvergensi media yang diterapkan di Solopos dan apa faktor pendukung dan penghambat dalam proses Solopos menuju konvergensi media. Pengumpulan dilakukan dengan cara wawancara mendalam terhadap pemimpin redaksi Solopos, redaktur pelaksana, redaktur dan reporter. Hasil penelitian ini menunjukkan proses komunikasi internal dalam rangka persiapan konvergensi media di Solopos lebih banyak berasal dari atas ke bawah. Pesan konvergensi media dan cara kerja disampaikan dengan sistem rantai komando dengan memperhatikan susunan hierarki dalam sebuah organisasi.. Konvergensi yang dilakukan di Solopos masuk pada model konvergensi newsgathering di mana dalam model ini seorang jurnalis dituntut untuk mampu mencapai tingkatan multitasking. Satu reporter bekerja untuk beberapa media atau beberapa platform dalam satu grup. Konvergensi media menuntut kemampuan pekerja media menguasai teknologi media yang terus berkembang. Konvergensi media juga membutuhkan dukungan teknologi yang memadai. Tanpa adanya teknologi, konvergensi media tidak akan bisa dilaksanakan maksimal. Konvergensi media menuntut sumber daya manusia yang mempunyai kemampuan bekerja untuk platform cetak, online, televisi dan juga radio. Konvergensi media juga menuntut pekerja media mengubah budaya kerja dari yang semula masih single platform menjadi multi platform. Kata Kunci: Komunikasi Internal, Perusahaan Pers, Konvergensi Media

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
    Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography
    Divisions: Pasca Sarjana
    Depositing User: Agista Zulfa Dini
    Date Deposited: 04 Dec 2016 09:06
    Last Modified: 04 Dec 2016 09:06
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/30560

    Actions (login required)

    View Item