MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGGAMBAR KOMIK DIGITAL DENGAN PENERAPAN METODE PRAKTIK LANGSUNG PADA KELAS X DKV SMK NEGERI 9 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016

BERLIANA, ANISHA (2016) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGGAMBAR KOMIK DIGITAL DENGAN PENERAPAN METODE PRAKTIK LANGSUNG PADA KELAS X DKV SMK NEGERI 9 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (828Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Anisha Berliana. K3212007. MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MENGGAMBAR KOMIK DIGITAL DENGAN PENERAPAN METODE PRAKTIK LANGSUNG PADA KELAS X JURUSAN DESAIN KOMUNIKASI VISUAL SMKN 9 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016, Skripsi. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Agustus 2016. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar komik digital melalui metode pembelajaran praktek langsung pada siswa kelas X program keahlian DKV SMK Negeri 9 Surakarta tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang menggunakan metode pembelajaran praktek langsung dalam mata pelajaran simulasi digital untuk memperbaiki prestasi belajar komik digital. Subjek penelitian adalah siswa kelas X program keahlian DKV SMK Negeri 9 Surakarta tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 31 siswa. Penelitian ini dilakukan pada bulan Februari hingga Juli 2016, dengan dua siklus dan masing-masing siklus mencakup empat kegiatan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi dan teknik tes. Aspek psikomotor dengan tes unjuk kerja dan aspek afektif dalam bentuk lembar observasi. Data hasil penelitian diperoleh pada aspek afektif yang meliputi keseriusan, aktif mengerjakan, tidak mengganggu, aktif bertanya, dan kehadiran diketahui ada peningkatan hasil belajar pada pelaksanaan siklus I sebesar 74,19% dan pada siklus II sebesar 87,1%. Pada aspek psikomotorik yang meliputi kemampuan dalam pembuatan isi/teks naskah komik, mampu membuat storyboard,pembuatan ilustrasi dalam komik, digital coloring, dan finishing diketahui peningkatan pada pelaksanaan siklus I sebesar 58,06% dan siklus II sebesar 90,32%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan metode pembelajaran praktek langsung dapat meningkatkan prestasi belajar komik digital siswa kelas X program keahlian DKV SMK Negeri 9 Surakarta tahun ajaran 2015/2016. Kata Kunci: metode praktek langsung, gambar, komik digital.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education
    N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Seni Rupa
    Depositing User: Agista Zulfa Dini
    Date Deposited: 04 Dec 2016 09:02
    Last Modified: 04 Dec 2016 09:02
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/30559

    Actions (login required)

    View Item