PENERAPAN MODEL KREATIF-PRODUKTIF DALAM PEMBELAJARAN FISIKA MATERI SUHU, KALOR DAN PERPINDAHAN KALOR UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA KELAS X MIA 2 SMA NEGERI 2 SURAKARTA TAHUN 2015/2016

MUKAROMATUN L, AMY (2016) PENERAPAN MODEL KREATIF-PRODUKTIF DALAM PEMBELAJARAN FISIKA MATERI SUHU, KALOR DAN PERPINDAHAN KALOR UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA KELAS X MIA 2 SMA NEGERI 2 SURAKARTA TAHUN 2015/2016. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (675Kb)

    Abstract

    Amy Mukaromatun L. K2312005. PENERAPAN MODEL KREATIF-PRODUKTIF DALAM PEMBELAJARAN FISIKA MATERI SUHU, KALOR DAN PERPINDAHAN KALOR UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA KELAS X MIA 2 SMA NEGERI 2 SURAKARTA TAHUN 2015/2016. Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Agustus 2015. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas siswa kelas X MIA 2 SMA Negeri 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2015/2016 pada materi Suhu, Kalor dan Perpindahan Kalor melalui penerapan model pembelajaran kreatif-produktif. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus diawali dengan tahap persiapan dilanjutkan tahap pelaksanaan siklus yang terdiri dari: perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas X MIA 2 SMA Negeri 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2015/2016 sebanyak 28 siswa. Data hasil observasi, penilaian produk, dan wawancara kreativitas siswa dianalisis menggunakan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan dari hasil analisis data dan pembahasan penelitian, dapat disimpulkan bahwa: kreativitas siswa kelas X MIA 2 SMA Negeri 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2015/2016 pada materi Suhu, Kalor dan Perpindahan Kalor mengalami peningkatan setalah diterapkan model pembelajaran kreatif-produktif dengan produk yang sederhana dan bahan murah. Persentase ketercapaian siswa berdasarkan indikator kreativitas meningkat dari 40,04 % pada Siklus I menjadi 66,13 % pada Siklus II. Kata kunci: Kreatif-Produktif, Kreativitas, Suhu, Kalor dan Perpindahan Kalor

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education
    Q Science > QC Physics
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
    Depositing User: Agista Zulfa Dini
    Date Deposited: 04 Dec 2016 09:00
    Last Modified: 04 Dec 2016 09:00
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/30558

    Actions (login required)

    View Item