Studi Komparasi Model Pembelajaran Teams Games Tournaments (TGT) dan Students Teams Achievement Divisions (STAD) terhadap Prestasi Belajar pada Materi Pokok Termokimia ditinjau dari Motivasi Belajar Kimia Siswa Kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar Tahun Pelajaran 2015/2016

WIDYAWATI, RATNA TRI (2016) Studi Komparasi Model Pembelajaran Teams Games Tournaments (TGT) dan Students Teams Achievement Divisions (STAD) terhadap Prestasi Belajar pada Materi Pokok Termokimia ditinjau dari Motivasi Belajar Kimia Siswa Kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar Tahun Pelajaran 2015/2016. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (208Kb)

    Abstract

    atna Tri Widyawati. K3311067. STUDI KOMPARASI MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENTS (TGT) DAN STUDENTS TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATERI POKOK TERMOKIMIA DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR KIMIA SISWA KELAS XI DI SMA MUHAMMADIYAH 1 KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Agustus 2016. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan penggunaan model pembelajaran TGT dan STAD, motivasi belajar kimia dan interaksinya terhadap prestasi belajar siswa pada materi pokok Termokimia. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan rancangan penelitian desain faktorial 2×2. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI semester 1 SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar tahun pelajaran 2015/2016 dan sampel yang digunakan adalah kelas XI ICT sebagai kelas eksperimen I dan XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen II. Cara pengambilan sampel dengan menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Teknik pengumpulan data adalah dengan menggunakan metode tes untuk prestasi belajar kognitif, metode angket untuk prestasi belajar afektif dan motivasi belajar kimia. Uji hipotesis menggunakan anava dua jalan dengan sel tak sama. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: 1) ada perbedaan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dan STAD terhadap prestasi belajar aspek kognitif maupun aspek afektif siswa pada materi pokok Termokimia, 2) ada perbedaan motivasi belajar kimia siswa terhadap prestasi belajar aspek kognitif maupun aspek afektif siswa pada materi pokok Termokimia, 3) tidak ada interaksi antara model pembelajaran kooperatif tipe TGT dan STAD serta motivasi belajar kimia siswa terhadap prestasi belajar aspek kognitif dan aspek afektif siswa pada materi pokok Termokimia. Kata Kunci: Team Game Tournament (TGT), Student Team Achievement Division (STAD), Motivasi Belajar Kimia, Prestasi Belajar, Termokimia

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Q Science > QD Chemistry
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
    Depositing User: Yanny Wulandari
    Date Deposited: 03 Dec 2016 21:50
    Last Modified: 03 Dec 2016 21:50
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/30513

    Actions (login required)

    View Item