UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BERBASIS MULTIMEDIA

TRIVERA A, RATIEH (2016) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BERBASIS MULTIMEDIA. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (471Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Ratieh Trivera. S 811308053. Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievment Division) Berbasis Multimedia pada Siswa Kelas VIII Imam Nasa’i SMP Al Azhar Syifa Budi Solo Tahun Pelajaran 2015/2016. TESIS. Pembimbing I : Dr. Suharno, M.Pd, Pembimbing II : Dr Akhmad Arif Musadad, M.Pd. Program Studi Teknologi Pendidikan Universitas Sebelas Maret. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pada pembelajaran IPS melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievment Division) berbasis multimedia pada siswa kelas VIII Imam Nasa’i SMP Al Azhar Syifa Budi Solo Tahun Pelajaran 2015/2016. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII Imam Nasa’i SMP Al Azhar Syifa Budi Solo Tahun Pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 26 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah (1) penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas VIII SMP Al Azhar Syifa Budi Tahun Pelajaran 2015/2016. Pada siklus I jumlah siswa aktif sebanyak 65,38%, sedangkan pada siklus II meningkat dengan jumlah siswa sangat aktif sebanyak 69,23%. (2) penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Al Azhar Syifa Budi Tahun Pelajaran 2015/2016. Pada skor awal rata rata nilai siswa 68 dengan ketuntasan belajar 38,46%, Setelah dilakukan tindakan, nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 78 dengan prosentase ketuntasan 76,92% pada siklus I, dan pada siklus II nilai rata rata 87 dengan prosentase ketuntasan 84,61%. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Al Azhar Syifa Budi Solo Tahun Pelajaran 2015/2016. Implikasi hasil penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD mendorong siswa untuk belajar menyelesaikan masalah secara berkelompok, dan bagi guru dapat digunakan untuk mengembangkan kreativitas dalam pembelajaran. Kata kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister > Teknologi Pendidikan
    Depositing User: Yanny Wulandari
    Date Deposited: 03 Dec 2016 21:48
    Last Modified: 03 Dec 2016 21:48
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/30512

    Actions (login required)

    View Item