Studi Komparasi Model Pembelajaran Problem Solving secara Algoritmik dan Heuristik pada Materi Larutan Penyangga Ditinjau dari Kemampuan Matematika terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI IPA SMAN Gondangrejo Karanganyar Tahun Pelajaran 2015/2016

S, NUR SASTIKAWATI (2016) Studi Komparasi Model Pembelajaran Problem Solving secara Algoritmik dan Heuristik pada Materi Larutan Penyangga Ditinjau dari Kemampuan Matematika terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI IPA SMAN Gondangrejo Karanganyar Tahun Pelajaran 2015/2016. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (456Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Nur Sastikawati Sumardi. K3310061. Studi Komparasi Model Pembelajaran Problem Solving Secara Algoritmik dan Heuristik pada Materi Larutan Penyangga Ditinjau dari Kemampuan Matematika terhadap Prestasi Belajar Siswa di SMA Negeri Gondangrejo Karanganyar Tahun Pelajaran 2015/2016. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Oktober 2016.. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh model pembelajaran problem solving secara algoritmik dan heuristik terhadap prestasi belajar siswa, (2) pengaruh kemampuan matematika terhadap prestasi belajar siswa, (3) interaksi model pembelajaran problem solving secara algoritmik dan heuristik dengan kemampuan matematika terhadap prestasi belajar siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 2 dan kelas XI IPA 3 SMA Negeri Gondangrejo Karanganyar tahun pelajaran 2015/2016 yang diambil dengan teknik cluster random sampling. Analisis data penelitian ini menggunakan uji Anava Dua Jalan dengan faktor 2x2. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan sebagai berikut: (1) tidak ada pengaruh model pembelajaran problem solving secara algoritmik dan heuristik terhadap prestasi belajar siswa pada aspek kognitif dan afektif, (2) ada pengaruh kemampuan matematika terhadap prestasi belajar aspek kognitif,sedangkan pada aspek afektif tidak ada pengaruh kemampuan matematika terhadap prestasi belajar siswa, (3) ada interaksi antara model pembelajaran problem solving secara algoritmik dan heuristik dengan kemampuan matematika terhadap prestasi belajar kognitif siswa, sedangkan pada prestasi belajar afektif siswa tidak ada interaksi antara model pembelajaran problem solving secara algoritmik dan heuristik dengan kemampuan matematika. Kata Kunci : Problem solving, algoritmik, heuristik, kemampuan matematika, prestasi belajar

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
    Depositing User: Yanny Wulandari
    Date Deposited: 03 Dec 2016 21:34
    Last Modified: 03 Dec 2016 21:34
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/30506

    Actions (login required)

    View Item