PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PROSES DAN HASIL PEMBELAJARAN ILMU BANGUNAN GEDUNG (SUB MATERI PONDASI) PADA SISWA KELAS X TKB SMK NEGERI 2 SURAKARTA

IKA KURNIAWATI, FAJAR (2010) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PROSES DAN HASIL PEMBELAJARAN ILMU BANGUNAN GEDUNG (SUB MATERI PONDASI) PADA SISWA KELAS X TKB SMK NEGERI 2 SURAKARTA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1012Kb)

    Abstract

    Tujuan Penelitian adalah meningkatkan hasil dan proses belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Bangunan Gedung (IBG) dengan model pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Siklus I dimulai dengan identifikasi permasalahan yang ada didalam kelas, perencanaan berupa penyusunan langkah-langkah pembelajaran melalui penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL), pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi, analisis dan reflekasi untuk tindakan pada siklus II. Subyek penelitian adalah siswa kelas X Teknik Konstruksi Bangunan SMK Negeri 2 Surakarta tahun ajaran 2009 / 2010. Data diperoleh melalui angket afektif dan kepuasan terhadap pembelajaran, ranah psikomotorik dan penampilan guru saat mengajar diperoleh dengan observasi. Teknik analisa data menggunakan teknik analisis interaktif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan proses dan hasil belajar siswa kelas X TKB SMK Negeri 2 Surakarta tahun ajaran 2009 / 2010 pada mata pelajaran Ilmu Bangunan Gedung sub materi pondasi. Hasil nilai ketuntasan siswa ranah kognitif (Pra Siklus = 70,59%; Siklus I = 82,35% ; Siklus II = 90%). Hasil angket siswa pada ranah afektif (Siklus I = 77,59% ; Siklus II = 80,62%%). Hasil belajar siswa ranah psikomotor untuk aspek kesiapan (Siklus I = 90,79%; Siklus II = 96,67%), sedangkan untuk aspek penyesuaian (Siklus I = 46,70%; Siklus II = 80,01%). Hasil penilaian penampilan guru dalam pengelolaan kelas (Pra Siklus = 58,33%; Siklus I = 70,83%; Siklus II = 77,08%).

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
    T Technology > TH Building construction
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknik Bangunan
    Depositing User: Budhi Kusumawardana Julio
    Date Deposited: 13 Jul 2013 15:40
    Last Modified: 13 Jul 2013 15:40
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/3050

    Actions (login required)

    View Item