Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Aplikasi Turunan Fungsi Ditinjau Dari Kemampuan Awal Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 6 Surakarta

ISNAENI, LILIS (2016) Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Aplikasi Turunan Fungsi Ditinjau Dari Kemampuan Awal Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 6 Surakarta. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (509Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Lilis Isnaeni. K1312046. ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH APLIKASI TURUNAN FUNGSI DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 6 SURAKARTA. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Oktober 2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tipe kesalahan dan penyebab kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan masalah aplikasi turunan fungsi ditinjau dari kemampuan awal yang dimiliki siswa pada materi turunan aljabar. Terdapat tiga kelompok kemampuan awal yakni kemampuan awal tinggi, kemampuan awal sedang, dan kemampuan awal rendah. Subjek penelitian dipilih menggunakan purposive sampling. Subjek penelitian terdiri dari satu siswa dengan kemampuan awal tinggi, dua siswa dengan kemampuan awal sedang, dan dua siswa dengan kemampuan awal rendah. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik tes dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan metode Newman’s Error Analysis. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. Siswa kemampuan awal tinggi melakukan kesalahan tipe process skills error. Penyebabnya, siswa tidak memahami konsep operasi aljabar. Kesalahan selanjutnya adalah transformation error. Penyebabnya adalah salah menentukan langkah penyelesaian. Siswa kemampuan awal sedang, melakukan kesalahan tipe transformation error. Penyebabnya adalah siswa salah menentukan rencana penyelesaian. Salah satu subjek menganggap bahwa nilai maksimum adalah nilai dari turunan pertama suatu fungsi sehingga salah menuntukan rumus untuk nilai maksimum ataupun minimum. Kesalahan selanjutnya adalah process skills error yang disebabkan siswa kurang memahami konsep hitung alajabar. Siswa kemampuan awal rendah melakukan kesalahan tipe comprehension error, transformation error, dan process skills error. Penyebab kesalahan comprehension error adalah (1) siswa tidak memahami kalimat pertanyaan dengan baik, (2) siswa tidak mengetahui apakah informasi yang ada pada soal sudah cukup untuk melanjutkan ke penyelesaian selanjutnya, dan (3) siswa tidak memahami bahwa konsep turunan digunakan untuk menyelesaikan masalah. Penyebab kesalahan tipe transformation error adalah siswa tidak dapat merencanakan penyelesaian soal dengan benar. Penyebab kesalahan process skills error adalah siswa tidak memahami konsep turunan aljabar dengan benar. Kata Kunci: aplikasi turunan, newman’s error analysis, kemampuan awal

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Q Science > QA Mathematics
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
    Depositing User: Yanny Wulandari
    Date Deposited: 03 Dec 2016 21:13
    Last Modified: 03 Dec 2016 21:13
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/30498

    Actions (login required)

    View Item