UJI EKSPERIMENTAL PENGARUH SUDUT KEMIRINGAN SUDU, RADIUS KELENGKUNGAN SUDU DAN KECEPATAN ANGIN PADA TURBIN CROSS FLOW TERHADAP DAYA YANG DIHASILKAN PADA SISTEM PEMULIHAN ENERGI YANG TERINTEGRASI DENGAN MENARA PENDINGIN

BARIYYAH, KHOLIFATUL (2016) UJI EKSPERIMENTAL PENGARUH SUDUT KEMIRINGAN SUDU, RADIUS KELENGKUNGAN SUDU DAN KECEPATAN ANGIN PADA TURBIN CROSS FLOW TERHADAP DAYA YANG DIHASILKAN PADA SISTEM PEMULIHAN ENERGI YANG TERINTEGRASI DENGAN MENARA PENDINGIN. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (131Kb)

    Abstract

    Pemulihan energi dari limbah seperti heat sink dan pembuangan udara memiliki potensi besar dalam membantu masalah ketersediaan energi. Pembuangan udara yang berasal dari outlet menara pendingin menghasilkan angin konstan hingga 9 m/s. Angin tersebut dapat dimanfaatkan untuk dikonversi menjadi energi dengan memasang turbin di atasnya. Turbin angin tipe cross flow dengan diameter 400 mm dan tinggi 380 mm ditempatkan pada bagian outlet menara pendingin. Integrasi ini terdiri dari sudu pengarah dan diffuser yang digunakan untuk meningkatkan kecepatan putar turbin sehingga daya yang dihasilkan meningkat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh sudut kemiringan sudu, radius kelengkungan dan kecepatan angin pada turbin angin cross flow terhadap daya yang dihasilkan. Variasi sudut kemiringan sudu dan radius kelengkungan sudu turbin diuji untuk mengetahui pengaruhnya terhadap daya yang dihasilkan, sedangkan pengujian pada variasi kecepatan angin untuk mengetahui perfoma turbin pada grafik coeficcient power Vs tip speed ratio. Hasil penelitian menunjukkan bahwa turbin cross flow dengan sudut kemiringan sudu turbin 45o menghasilkan daya yang lebih besar dibandingkan sudut kemiringan sudu yang lain, pada semua kondisi radius kelengkungan. Sedangkan radius kelengkungan turbin memiliki karakteristik maisng-masing pada setiap sudut kemiringan turbin. Pada sudut kemiringan 45o dan 60o turbin crossflow dengan radius kelengkungan 60 mm menghasilkan perfoma terbaik, sedangkan pada sudut kemiringan 90o turbin dengan radius 90 mm menghasilkan perfoma terbaik. Turbin angin crossflow dengan radius kelengkungan sudu 60 mm pada variasi sudut kemiringana sudu 45o menghasilkan daya maksimal yaitu 2,47 watt pada kecepatan angin 4,31 m/s dan CP 0,41 pada TSR 0,76.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
    Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
    Depositing User: Yanny Wulandari
    Date Deposited: 03 Dec 2016 21:06
    Last Modified: 03 Dec 2016 21:06
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/30494

    Actions (login required)

    View Item