PENGGUNAAN METODE SING A SONG DALAM UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS SISWA KELAS IV SDN TEGALSARI ADIMULYO TAHUN PELAJARAN 2013/2014

ROKHMAH, KHANIFFATUR (2016) PENGGUNAAN METODE SING A SONG DALAM UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS SISWA KELAS IV SDN TEGALSARI ADIMULYO TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (626Kb)

    Abstract

    Khaniffatur Rokhmah. PENGGUNAAN METODE SING A SONG DALAM UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN TEGALSARI ADIMULYO TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juli 2016. Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mendeskripsikan penggunaan metode sing a song dalam upaya peningkatan motivasi dan hasil belajar Bahasa Inggris; (2) untuk mengetahui peningkatan motivasi dan hasil belajar Bahasa Inggris; dan (3) mendeskripsikan kendala dan solusi. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan tiga siklus, tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri Tegalsari yang berjumlah 19 siswa. Sumber data berasal dari dokumen, siswa, dan teman sejawat. Teknik pengumpulan data adalah dengan tes, angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Validitas data menggunakan teknik triangulasi sumber. Analisis data menggunakan teknik deskriptif dengan didukung data kualitatif dan kuantitatif. Deskripsi kuantitatif digunakan untuk menganalisis data yang berupa hasil belajar. Data kualitatif berupa hasil wawancara dan observasi. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: Pertama, langkah penggunaan metode sing a song yaitu: (1) tahap pemilihan tema pembelajaran, (2) tahap pembentukan kelompok, (3) tahap pemilihan lagu, (4) tahap pengerjaan LKS, (5) tahap pembahasan LKS, (6) tahap drill menyanyikan lagu. Kedua, penggunaan metode sing a song dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar Bahasa Inggris siswa kelas IV SD Negeri Tegalsari. Hasil belajar siswa terkait penggunaan metode sing a song meningkat tiap siklusnya terbukti dari hasil evaluasi siklus I sampai dengan siklus III. Pada siklus I ada 74% siswa yang mendapat nilai tuntas dengan nilai rata-rata 82, pada siklus II menurun 16% dari siklus I, hanya 58% siswa yang mendapat nilai tuntas dengan nilai rata-rata 83, dan pada siklus III meningkat 26% dari siklus II, ada 84% siswa yang mendapat nilai tuntas dengan nilai rata-rata 86. Ketiga, kendala dan solusi yang ditemui pada penggunaan metode sing a song meliputi: (1) ada anak yang merasa keberatan dengan pasangan anggota kelompoknya, solusinya adalah memberi arahan pada siswa untuk menerima dengan ikhlas pasangan anggota kelompoknya, (2) anak masih ada yang merasa malu untuk menulis di papan tulis, solusinya adalah menanamkan sikap percaya diri pada siswa untuk tidak malu saat maju ke depan, (3) banyak siswa yang saling contek saat mengerjakan soal evaluasi, solusinya adalah memberi nasihat agar mandiri dan tidak ada budaya mencontek. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan menggunakan metode sing a song dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar Bahasa Inggris. Kata Kunci: Metode, sing a song, motivasi, hasil belajar, bahasa Inggris

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Yanny Wulandari
    Date Deposited: 03 Dec 2016 21:04
    Last Modified: 03 Dec 2016 21:04
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/30492

    Actions (login required)

    View Item