GAME ONLINE DAN KONSTRUKSI IDENTITAS (Studi Konstruksi Identitas Pemain dalam Komunitas Game Online Melalui Interaksi Simbolik yang Digunakan dalam Bermain Game Online di Surakarta)

AJI, HARYO KUSUMO (2016) GAME ONLINE DAN KONSTRUKSI IDENTITAS (Studi Konstruksi Identitas Pemain dalam Komunitas Game Online Melalui Interaksi Simbolik yang Digunakan dalam Bermain Game Online di Surakarta). Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (591Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Haryo Kusumo Aji. S221208006. GAME ONLINE DAN KONSTRUKSI IDENTITAS (Studi Konstruksi Identitas Pemain dalam Komunitas Game Online Melalui Interaksi Simbolik yang Digunakan dalam Bermain Game Online di Surakarta). TESIS. Pembimbing I : Prof. Drs. Pawito, Pd.D., II : Sri Hastjarjo, S.Sos, Ph.D. Program Pascasarjana, Universitas Sebelas Maret. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya game online yang berkembang di Indonesia sehingga memunculkan banyak pemain juga komunitas game online. Pemain game online ini sangat banyak dan beragam sehingga memunculkan beberapa identitas. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah menemukan beberapa identitas yang muncul dari pemain game online tersebut dengan cara mengkostruksi identitas tersebut menggunakan teori interaksi simbolik yang dikemukakan oleh Herbert Blumer. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif interpretif dengan metode studi kasus. Subjek dalam penelitian ini adalah pemain game online yang tergabung di dalam suatu komunitas game, yang bertempat di kota Surakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara dan observasi di lapangan. Hasil penelitian menemukan identitas yang terbentuk dari pemain game online yang tergabung dalam komunitas di Surakarta dengan menggunakan teori interaksi simbolik dari Herbert Blumer adalah ada tiga macam, yaitu (1) Professional Gamers, adalah pemain yang memiliki tujuan untuk mendapatkan keuntungan di dalam bermain dan memiliki keinginan untuk menjadi tempat mencari nafkah ke depannya, (2) Communal Gamers, adalah pemain yang ketika bermain memiliki tujuan agar dapat berkumpul dengan teman kelompoknya atau gamers yang lain, (3) Hobbyist Gamers, adalah pemain yang bermain game online oleh karena hobi atau kesenangannya. Dari tiga macam identitas tersebut maka akan memunculkan serangkaian tindakan dari seorang pemain game online, dimana tindakan tersebut muncul oleh karena pemaknaan seorang pemain tentang game itu sendiri, dimana pemaknaan muncul oleh karena serangkaian interaksi dengan orang lain dan hasil dari pemikirannya sendiri. Kata kunci: Identitas, Konstruksi Identitas, Interaksi Simbolik, Game Online

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister
    Depositing User: Yanny Wulandari
    Date Deposited: 03 Dec 2016 20:54
    Last Modified: 03 Dec 2016 20:54
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/30484

    Actions (login required)

    View Item