Analisis Lendutan pada Struktur Jalan Raya Terhadap Penggunaan Batu Kapur (Limestone) sebagai Lapis Pondasi Menggunakan Metode Elemen Hingga

BAIHAQI, FAJAR ANDI (2016) Analisis Lendutan pada Struktur Jalan Raya Terhadap Penggunaan Batu Kapur (Limestone) sebagai Lapis Pondasi Menggunakan Metode Elemen Hingga. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (529Kb)

    Abstract

    ABSTRAK FAJAR ANDI BAIHAQI, 2016. Analisis Lendutan pada Struktur Jalan Raya Terhadap Penggunaan Batu Kapur (Limestone) sebagai Lapis Pondasi Menggunakan Metode Elemen Hingga. Skripsi. Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Sebelas Maret Surakarta. Kerusakan pada perkerasan jalan raya menjadi masalah dalam sistem transportasi. Salah satu cara penanganan dengan memperkuat daya dukung pondasi dengan mempertebal lapisan pondasi dan penggunaan geotekstil pada tanah dasar. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pemanfaatan material lokal berupa batu kapur (limestone) sebagai material lapisan pondasi perkerasan jalan ditinjau dari nilai lendutan. Lapisan pondasi batu kapur (limestone) diteliti dengan variasi ketebalan 5, 10, 15, dan 20 cm pada kondisi tanah dasar yang berbeda, yaitu tanah lunak, tanah lunak dengan geotekstil, dan tanah granuler. Penelitian ini menggunakan tiga jenis metode perhitungan, yaitu metode elemen hingga dengan batuan program SAP 2000, Plaxis v.8.2 dan rumus Hetenyi (1974). Kondisi jalan diasumsikan dalam kelas III dengan muatan sumbu terberat sebesar 8 ton. Lapisan permukaan merupakan pelat beton dengan dimensi 24 m x 6 m x 0,15 m dengan mutu K350 dan f’c sebesar 35 MPa. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penambahan ketebalan lapisan pondasi batu kapur (limestone) dengan metode SAP 2000, Plaxis v.8.2, dan rumus Hetenyi (1974) dapat menurunkan lendutan sebesar 8,15%, 2,04%, dan 11,06%. Pertambahan geotekstil pada tanah lunak dengan tiga metode dapat menurunkan lendutan sebesar 12,52%, 1,35%, dan 16,92%. Perbandingan jenis tanah granuler dan tanah lunak dengan tiga metode dapat menurunkan sebesar 41,97%, 33,47%, dan 53,09%. Kata kunci : metode elemen hingga, tanah dasar, limestone, lendutan.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
    Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
    Depositing User: Yanny Wulandari
    Date Deposited: 03 Dec 2016 20:46
    Last Modified: 03 Dec 2016 20:46
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/30479

    Actions (login required)

    View Item