Pemaksimalan Keuntungan Penjualan Ikan Lele dengan Optimasi Pakan Menggunakan Linear Programming (Studi Kasus: Peternakan Aurora)

Lubbi, Khiliyatul (2016) Pemaksimalan Keuntungan Penjualan Ikan Lele dengan Optimasi Pakan Menggunakan Linear Programming (Studi Kasus: Peternakan Aurora). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (134Kb)

    Abstract

    `Ikan lele merupakan salah satu komoditas perikanan yang paling banyak dibudidayakan oleh masyarakat Indonesia. Besarnya kebutuhan masyarakat Indonesia terhadap ikan lele, tidak diimbangi dengan pasokan yang mampu diberikan oleh peternak ikan lele karena harga pakan yang membutuhkan sekitar 60-70% dari total biaya produksi yang cenderung tinggi. Faktor tersebut mendorong untuk mengoptimasi pakan agar didapatkan keuntungan penjualan yang maksimal dengan tetap mempertimbangkan kebutuhan gizi untuk ikan lele. Optimasi dilakukan menggunakan Linear Programming dengan metode Simpleks. Penyelesaian metode Simpleks menggunakan kendala kebutuhan pakan yang harus dicerna, kapasitas bahan baku, dan kandungan gizi yang harus dipenuhi. Optimasi dilakukan dengan menggunakan bantuan program TORA dengan memodelkan data ke bentuk Program Linier. TORA merupakan sebuah program untuk menyelesaikan soal operasi riset terutama Program Linier. Optimasi juga dilakukan menggunakan program simulasi di mana pengguna tidak perlu lagi memodelkan data ke dalam bentuk Program Linier. Hasil penyelesaian dengan program simulasi dibandingkan dengan aplikasi TORA. Hasil kalibrasi menunjukkan error solusi optimal sebesar 0.7309% dan error profit sebesar 0.087%. Kata kunci: optimasi, Program Linier, metode Simpleks

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Q Science > QA Mathematics
    Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
    Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
    Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources
    Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
    Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Informatika
    Depositing User: Pratama Wisnu
    Date Deposited: 03 Dec 2016 20:36
    Last Modified: 03 Dec 2016 20:36
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/30472

    Actions (login required)

    View Item