Pengaruh Financial Leverage terhadap profitabilitas perusahaan (studi kasus pada perusahaan sektor food and beverage yang terdaftar di bursa efek indonesia tahun 2005-2014)

RACHMANDINI, DIAR (2016) Pengaruh Financial Leverage terhadap profitabilitas perusahaan (studi kasus pada perusahaan sektor food and beverage yang terdaftar di bursa efek indonesia tahun 2005-2014). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (284Kb)

    Abstract

    ABSTRAK PENGARUH FINANCIAL LEVERGE TERHADAP PROFITABILITAS PERUSAHAAN DENGAN UKURAN PERUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL KONTROL (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Food And Beverage yang Terdaftar di BEI Tahun 2005-2014) DIAR RACHMANDINI F1313023 Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh financial leverage terhadap profitabilitas. Financial leverage diukur menggunakan proksi Long Term Debt to Total Capital (LTDC), Total Debt to Total Capital (TDTC) dan Total Debt to Total Assets (TDTA). Sedangkan profitabilitas diukur dengan menggunakan proksi Return on Assets (ROA) dan ukuran perusahaan (firm size) sebagai variabel kontrol. Sampel yang digunakan adalah perusahaan manufaktur yang bergerak pada sektor food and beverage yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2005-2014. Sampel yang ditentukan berdasarkan purposive sampling dengan total sampel sebanyak 150 perusahaan dengan data outlier sebanyak 15 sehingga jumlah observasi 135 perusahaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa LTDC dan TDTC tidak berpengaruh terhadap Return on Assets (ROA). Sedangkan TDTA berpengaruh negatif terhadap Return on Assets (ROA). Kata Kunci: financial leverage, profitabilitas, return on assets

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    H Social Sciences > HG Finance
    Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
    Depositing User: Yanny Wulandari
    Date Deposited: 03 Dec 2016 20:34
    Last Modified: 03 Dec 2016 20:34
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/30471

    Actions (login required)

    View Item