ANALISIS ANTESEDEN GREEN BRAND EQUITY HUBUNGANNYA DENGAN CUSTOMER LOYALTY ( Studi Kasus Pada Konsumen Sepeda Motor Honda di Kota Solo)

AKBAR RAMADHAN, RIZA (2010) ANALISIS ANTESEDEN GREEN BRAND EQUITY HUBUNGANNYA DENGAN CUSTOMER LOYALTY ( Studi Kasus Pada Konsumen Sepeda Motor Honda di Kota Solo). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1051Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk menguji model kausal yang diharapkan mampu menjelaskan pengaruh anteseden Green brand equity hubungannya dengan Customer loyalty. Data diambil melalui penyebaran kuesioner langsung kepada 180 responden yang memenuhi kriteria, yaitu (1) Masyarakat yang berdomisili di Kota Solo, (2) Memiliki sepeda motor Honda, (3) Memiliki pengalaman menggunakan produk sepeda motor Honda. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan nonprobability sampling yaitu purposive sampling. Hal ini bertujuan untuk menjamin keakuratan data yang dikumpulkan. Uji instrumen menggunakan Confirmatory Factor Analysis untuk menguji validitas. Sedangkan uji reliabilitas menggunakan Cronbach’s alpha. Hasil pengujian menunjukkan item-item pertanyaan memenuhi kriteria valid dan reliabel, setelah beberapa kali diadakan perbaikan dalam tata bahasanya. Untuk pengujian delapan hipotesis yang ada menggunakan SEM (Structural Equation Model). Dengan demikian kedelapan hipotesis yang diuji secara empiris dapat diterima. Hasil pengujian mengindikasi bahwa green brand image secara signifikan dan positif berhubungan dengan green satisfaction, green trust, dan green brand equity, green satisfaction dan green trust berhubungan positif dengan green brand equity, kemudian Green satisfaction, green trust, dan green brand equity secara positif dan signifikan berhubungan dengan customer loyalty. Lebih jauh lagi, hubungan positif antara green brand image dengan green brand equity dimediasi oleh green Satisfaction dan Green Trust. Sedangkan hubungan positif antara green satisfaction dan green trust terhadap customer loyalty dimediasi oleh green brand equity. Melalui pengujian ini diharapkan dapat memberikan pemahaman secara empiris berkaitan dengan upaya yang harus dilakukan oleh pemasar untuk menciptakan customer loyalty (loyalitas konsumen). Dalam pembahasannya juga didiskusikan implikasi baik secara teoritis, praktis dan metodologis. Kata kunci: green brand image, green satisfaction, green trust, green brand equity, behavioural loyalty, attitudinal loyalty dan customer loyalty.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Fakultas Ekonomi > Manajemen
    Depositing User: Budhi Kusumawardana Julio
    Date Deposited: 13 Jul 2013 15:31
    Last Modified: 13 Jul 2013 15:31
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/3047

    Actions (login required)

    View Item