PENERAPAN STRATEGI KWL (KNOW - WANT TO KNOW - LEARNED) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN (Penelitian Tindakan Kelas Siswa Kelas V SD Negeri Badran No. 123 Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016)

Nurhidayah, Dwi (2016) PENERAPAN STRATEGI KWL (KNOW - WANT TO KNOW - LEARNED) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN (Penelitian Tindakan Kelas Siswa Kelas V SD Negeri Badran No. 123 Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (964Kb)

    Abstract

    Dwi Nurhidayah. PENERAPAN STRATEGI KWL (KNOW - WANT TO KNOW - LEARNED) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN (PENELITIAN TINDAKAN KELAS SISWA KELAS V SD NEGERI BADRAN NO. 123 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016). Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Agustus 2016. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan strategi KWL (Know - Want to Know – Learned) dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas V SD Negeri Badran No. 123 Surakarta Tahun ajaran 2015/2016. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menerapkan strategi KWL (Know - Want to Know – Learned) yang terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru kelas dan siswa kelas V SD Negeri Badran No. 123 Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji validitas data menggunakan triangulasi teknik. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif yang mempunyai tiga komponen meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan dua siklus dapat disimpulkan bahwa melalui strategi KWL (Know - Want to Know – Learned) dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas V SD Negeri Badran No. 123 Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016. Peningkatan tersebut dapat dibuktikan dengan adanya hasil nilai rata-rata keterampilan membaca pemahaman siswa pratindakan sebesar 56,5, pada siklus I sebesar 70,7 dan pada siklus II sebesar 77,5. Sebelum dilakukan tindakan, siswa yang melebihi nilai KKM yaitu sama dengan atau lebih besar dari 70 hanya 11 siswa (27,5%) kemudian pada siklus I meningkat menjadi 24 siswa (60%) dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 33 siswa (82,5%). Kata kunci: KWL, Keterampilan Membaca Pemahaman.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Pratama Wisnu
    Date Deposited: 03 Dec 2016 20:22
    Last Modified: 03 Dec 2016 20:22
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/30460

    Actions (login required)

    View Item