PENCOCOKAN NAMA SEKOLAH MENENGAH ATAS PADA DATA SEKOLAH MENGGUNAKAN ALGORITMA HAMMING DISTANCE DAN JARO-WINKLER DISTANCE

SYAIFUDDIN, KHOIRUL (2016) PENCOCOKAN NAMA SEKOLAH MENENGAH ATAS PADA DATA SEKOLAH MENGGUNAKAN ALGORITMA HAMMING DISTANCE DAN JARO-WINKLER DISTANCE. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (125Kb)

    Abstract

    Nilai siswa dan track record dari sekolah asal peserta seleksi menjadi pertimbangan dalam proses seleksi mahasiswa baru di SNMPTN. Track record bisa diketahui dari nilai akreditasi sekolah. Masalahnya universitas tidak memiliki informasi nilai akreditasi sekolah di Indonesia. Universitas memerlukan update data sekolah dengan rincian seperti nilai akreditasi dari website Badan Akreditasi Nasional Sekolah / Madrasah (BAN-SM). Masalahnya belum tersedia hubungan langsung dengan database BAN-SM atau fasilitas web service dari BAN-SM. Masalah lainnya, data dari BAN-SM tidak memiliki kata kunci yang unik yang dapat digunakan untuk menghubungkan tabel sekolah di universitas dengan tabel sekolah di BAN-SM dari website bansm.or.id. Solusi dari masalah itu adalah pengumpulan data dengan web crawler dan web mining, kemudian melakukan pencocokan untuk menghubungkan dua tabel menggunakan algoritma Jaro-Winkler Distance dan Hamming Distance. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan informasi nilai akreditasi yang valid berdasarkan hubungan crawling website bansm.or.id dengan tabel sekolah di universitas. Dari hasil pengujian, didapatkan bahwa keakuratan aplikasi adalah 92,8% dengan nilai ambang batas minimum kesamaan paling ideal adalah 0,78 sehingga seluruh hasil pencocokan yang mempunyai nilai diatas atau sama dengan 0,78 memiliki nilai kebenaran sebesar 92,8%.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
    Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
    Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Informatika
    Depositing User: Rina Dwi Setianingrum
    Date Deposited: 03 Dec 2016 19:00
    Last Modified: 03 Dec 2016 19:00
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/30456

    Actions (login required)

    View Item