PELAKSANAAN CTL ( CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING ) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV B SD MUHAMMADIYAH WONOGIRI

ROZAQ M, FERDA (2016) PELAKSANAAN CTL ( CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING ) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV B SD MUHAMMADIYAH WONOGIRI. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (413Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Ferda Rozaq Manihotana. S. 811408003. 2016 “ Pelaksanaan CTL ( Contextual Teaching and Learning ) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar siswa kelas IV B di SD Muhammadiyah Wonogiri”. Tesis : Program Pasca Sarjana Teknologi Pendidikan Universitas Sebelas Maret, Surakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui. (1) pelaksanaan pembelajaran Contextual Teachiung and Learning ( CTL) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika. (2) untuk meningkatkan proses pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL). (3) Untuk meningkatkan proses pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran CTL ( Contextual Teaching and Learning ) dapar meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK ) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini di lakukan di SD Muhammadiyah Wonogiri pada kelas IV B. pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara mendalam, observasi, tes, catatan lapangan serta dokumentasi. Hasil peneltian menunjukkkan adanya peningkatan aktifitas belajar dengan presentasi kenaikan dalam siklus I yaitu 2,90, siklus II yaitu 3,20 serta siklus III yaitu 3, 57 dengan dikatakan baik. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan terbukti dengan peningkatan persentase ketuntasan siswa yang telah mencapai nilai diatas KKM yaitu ≥ 80 dan nilai rata – rata kelas siklus I yaitu 59,55,. siklus II yaitu 65, 37, siklus III yaitu 85,74. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini bahwa pendekatan model CTL ( Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran matematika pada siswa kelas IV B SD Muhammmadiyah Wonogiri tahun pelajaran 2015 / 2016. Kata Kunci : Aktivitas, Hasil belajar, Model, CTL, Pembelajaran, Matematika.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: T Technology > T Technology (General)
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister > Teknologi Pendidikan
    Depositing User: Rina Dwi Setianingrum
    Date Deposited: 03 Dec 2016 18:18
    Last Modified: 03 Dec 2016 18:18
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/30451

    Actions (login required)

    View Item