PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK HIDROKARBON KELAS X SMA NEGERI GONDANGREJO TAHUN PELAJARAN 2015/2016

PUTRI, AYU ARYANTI (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK HIDROKARBON KELAS X SMA NEGERI GONDANGREJO TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (580Kb)

    Abstract

    Ayu Aryanti Putri. K3312012. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK HIDROKARBON KELAS X SMA NEGERI GONDANGREJO TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Oktober 2016. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan: (1) aktivitas belajar siswa dan (2) prestasi belajar siswa siswa pada materi pokok hidrokarbon kelas X7 SMA N Gondangrejo tahun pelajaran 2015/2016 dengan penerapan model pembalajaran Teams Games Tournament (TGT). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang terdiri dari dua siklus dengan tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X7 SMA N Gondangrejo tahun pelajaran 2015/2016. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, tes dan angket. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan: (1) aktivitas belajar siswa pada materi hidrokarbon. Hal ini dapat dilihat dari kenaikan persentase pra siklus sebesar 31,05% menjadi 73,68% pada siklus I dan 86,84% pada siklus II. (2) Prestasi belajar siswa aspek kognitif meningkat dari 60,53% pada siklus I menjadi 81,58% pada siklus II. Persentase aspek afektif pada siklus I adalah 81,58% meningkat menjadi 89,48% pada siklus II. Kata Kunci: Teams Games Tournament (TGT), Aktivitas Belajar, Prestasi Belajar, Hidrokarbon

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Q Science > Q Science (General)
    Q Science > QD Chemistry
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
    Depositing User: Mujahid Zenul
    Date Deposited: 03 Dec 2016 10:10
    Last Modified: 03 Dec 2016 10:10
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/30445

    Actions (login required)

    View Item