ANALISIS PERSEPSI PERAWAT TERHADAP KELELAHAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN ERGONOMI MAKRO BERDASARKAN MODEL SYSTEM ENGINEERING INITIATIVE FOR PATIENT SAFETY (SEIPS) (Studi Kasus: Perawat di Bangsal Bedah Kanthil 2 RSUD Karanganyar)

P, ARDIAN ADE (2016) ANALISIS PERSEPSI PERAWAT TERHADAP KELELAHAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN ERGONOMI MAKRO BERDASARKAN MODEL SYSTEM ENGINEERING INITIATIVE FOR PATIENT SAFETY (SEIPS) (Studi Kasus: Perawat di Bangsal Bedah Kanthil 2 RSUD Karanganyar). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (204Kb)

    Abstract

    Kelelahan adalah hal yang lazim bagi perawat di rumah sakit. Suatu survei terhadap perawat rumah sakit (n=745) menemukan bahwa, 65% perawat mengalami kelelahan akut dan 50% mengalami kelelahan kronis. Padahal, kelelahan pada perawat memiliki konsekuensi yang substansial, mencakup: peningkatan kejadian merugikan bagi pasien serta konsekuensi terhadap perawat secara individu. Kelelahan sendiri adalah masalah multifaset karena sifatnya yang kompleks dan konstruksinya tumpang tindih (contoh: stres, kelelahan), cacat dan bercampur dengan lingkungan kerja dan yang bersumber dari personal. Oleh karena itu, penting untuk mengkaji kelelahan pada perawat dengan pendekatan ergonomi yang luas, yaitu dengan menggunakan pendekatan ergonomi makro. Salah satu pendekatan ergonomi makro adalah menggunakan model System Engineering Initiative For Patient Safety (SEIPS). Penelitian ini membahas bagaimana persepsi perawat terkait faktor penghalang dan pemicu kelelahan di Bangsal Bedah Kanthil 2 RSUD Karanganyar menggunakan pendekatan ergonomi makro yang berpedoman pada Model SEIPS. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif di mana pengumpulan datanya berdasarkan Teknik Validasi Triangulasi, yaitu melalui: wawancara, observasi dan kajian dokumen. Selanjutnya, data dianalisis menggunakan proses reduksi data (melalui proses transkripsi data dan direct content analysis menggunakan Software NVivo), penyajian data dalam bentuk narasi deskriptif dan penarikan kesimpulan dalam bentuk tabel masalah dan usulan solusi. Hasil yang didapatkan adalah faktor penghalang dan pemicu kelelahan bagi perawat dalam berbagai indikator di dalam Model SEIPS, sekaligus usulan solusi potensial bagi masalah yang menjadi sumber kelelahan perawat di Bangsal Bedah Kanthil 2 secara khusus dan RSUD Karanganyar secara umum.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
    T Technology > T Technology (General)
    Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
    Depositing User: Mujahid Zenul
    Date Deposited: 03 Dec 2016 10:01
    Last Modified: 03 Dec 2016 10:01
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/30442

    Actions (login required)

    View Item