Analisis Defleksi dan Kapasitas Lateral Tiang Tunggal Free-End Pile

KRISTIANTO, ANGGA (2016) Analisis Defleksi dan Kapasitas Lateral Tiang Tunggal Free-End Pile. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1177Kb)

    Abstract

    Angga Kristianto, 2016. Analisis Defleksi dan Kapasitas Lateral Tiang Tunggal Free-End Pile pada Tanah Kohesif. Skripsi. Program Studi Teknik Sipil. Fakultas Teknik. Universitas Sebelas Maret. Surakarta Pondasi tiang pancang didesain untuk daya dukung beban aksial maupun beban lateral. Salah satu faktor penting dalam perencanaan struktur-struktur bangunan tinggi adalah beban lateral. Beban lateral yang bekerja pada tiang pancang mengakibatkan terjadinya defleksi atau pergeseran. Besarnya defleksi yang terjadi pada tiang dapat diketahui dengan melakukan pengujian lapangan atau yang sering disebut dengan lateral test. Selain melakukan pengujian lateral test, besarnya defleksi serta kapasitas lateral tiang juga dapat dianalisis menggunakan metode Broms (1964), metode elemen hingga serta metode beda hingga (p-y curve). Penelitian ini akan meneliti defleksi dan kapasitas lateral tiang tunggal free-end pile pada tanah kohesif Data yang digunakan pada penelitian ini berupa data sekunder hasil uji lateral test tiang proyek jembatan di Kepulauan Riau. Data lateral test tersebut akan menjadi pembanding utama dengan metode yang lain, yaitu metode Broms (1964), metode elemen hingga serta metode beda hingga (p-y curve) dalam analisis defleksi serta kapasitas lateral tiang. Berdasarkan hasil penelitian, analisis defleksi dan kapasitas lateral tiang tunggal free-end pile pada tanah kohesif, didapatkan hasil bahwa nilai defleksi maksimum tiang menurut metode Broms (1964), metode elemen hingga, metode beda hingga (p-y curve), dan hasil uji lateral test berturut-turut sebesar 116,6457 mm; 55,16 mm; 68,059 mm; 55,74 mm sedangkan nilai kapasitas lateral tiang menurut metode Broms (1964), metode elemen hingga, metode beda hingga (p-y curve), dan hasil uji lateral test berturut-turut sebesar 21,805 ton; 3,145 ton; 3,429 ton; 2,637 ton. Perbandingan defleksi lateral dan kapasitas lateral menunjukkan hasil analisa metode elemen hingga dan metode beda hingga (p-y curve) lebih mendekati hasil uji lateral test dibandingkan dengan metode Broms (1964), hal ini dikarenakan parameter tanah dan parameter tiang pada metode elemen hingga dan metode beda hingga (p-y curve) lebih detail dibandingkan dengan metode Broms (1964) yang hanya berdasarkan korelasi dalam analisisnya. Kata Kunci : defleksi, lateral, elemen hingga, Broms ABSTRACT Angga Kristianto, 2016. Analysis Deflection and Lateral Capacity of Single Pile Free-End Pile in Cohesive Soil. Thesis. Civil Engineering Program. Faculty of Engineering. Sebelas Maret University. Surakarta Pile foundation designed for axial load carrying capacity and lateral loads. One important factor in planning the structures of high-rise buildings is the lateral load. Lateral load stand-on the pile caused a deflection or shift. The amount of deflection occurs at the pile can be determined by field test called lateral test. Besides testing the lateral test, the amount of deflection and lateral capacity can be analyzed using Broms methods (1964), finite element method and finite difference method (p-y curve). This study will observe the deflection and lateral capacity of single pile free-end pile in cohesive soils. The data used in this study is secondary data from test lateral of bridge project in Riau Islands. The lateral test data would be a major comparison with the other methods there are Broms method (1964), finite element method and finite difference method (p-y curve) in the analysis of deflection and lateral pile capacity. Based on this research, analysis of deflection and capacity lateral single free-end pile in cohesive soils, showed that the value of maximum deflection pile according to the Broms method (1964), finite element method, finite difference method (p-y curve), and the lateral test result respectively 116,6457 mm; 55,16 mm; 68,059 mm; and 55,74 mm however the value of the lateral pile capacity according to the Broms method (1964), finite element method, finite difference method (p-y curve), and the lateral test result respectively 21,805 tons; 3,145 tons; 3,429 tons; and 2,637 tons. Comparison of lateral deflection and capacity lateral shows the results of analysis finite element method and finite difference method (p-y curve) approximates the lateral test result compared to the method Broms (1964), it caused soil parameters and pile parameters on the finite element method and finite difference method (p-y curve) is more detailed than the methods Broms (1964) which is only based on the correlation analysis. Keywords : deflection, lateral, finite element, Broms

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: T Technology > T Technology (General)
    T Technology > TS Manufactures
    Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
    Depositing User: Mujahid Zenul
    Date Deposited: 03 Dec 2016 09:53
    Last Modified: 03 Dec 2016 09:53
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/30439

    Actions (login required)

    View Item