PENGEMBANGAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) MATA PELAJARAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN MENGGUNAKAN BUKU SEKOLAH ELEKTRONIK (BSE) BERBASIS PROJECT BASED LEARNING (PBL) BERDASARKAN KURIKULUM 2013

SANTOSO, AGUS (2016) PENGEMBANGAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) MATA PELAJARAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN MENGGUNAKAN BUKU SEKOLAH ELEKTRONIK (BSE) BERBASIS PROJECT BASED LEARNING (PBL) BERDASARKAN KURIKULUM 2013. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (367Kb)

    Abstract

    Agus Santoso. Berjudul PENGEMBANGAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) MATA PELAJARAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN MENGGUNAKAN BUKU SEKOLAH ELEKTRONIK (BSE) BERBASIS PROJECT BASED LEARNING (PBL) BERDASARKAN KURIKULUM 2013 Skripsi. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juli 2016. Tujuan penelitian ini untuk : (1) Mendesain rencana pelaksanaan pembelajaran yang memanfaatkan Buku Sekolah Elektronik (BSE) berbasis Project based Learning (Pembelajaran Berbasis Proyek).(2) mengetahui efektivitas hasil rencana pelaksanaan pembelajaran yang memanfaatkan Buku Sekolah Elektronik (BSE) berbasis Project based Learning (Pembelajaran Berbasis Proyek). Penelitian dan pengembangan (Research and Development), untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji keefektifan produk tersebut. Prosedur penelitian meliputi tahap analisa kebutuhan, desain, evaluasi Subyek penelitian adalah siswa kelas X TSB dan X TSA SMK Negeri 5 Surakarta. Uji validitas data menggunakan triangulasi data, sedangkan untuk teknik analisis data digunakan teknik analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Desain rencana pelaksanaan pembelajaran yang memanfaatkan Buku Sekolah Elektronik (BSE) berbasis Project based Learning (Pembelajaran Berbasis Proyek) layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran; (2) Peningkatan efektivitas pembelajaran dilihat dari hasil belajar siswa dengan ketuntasan belajar yang diperoleh dari penilaian ranah kognitif, afektif, dan Psikomotorik hasil uji coba yang menunjukkan adanya peningkatan prestasi belajar : Ranah kognitif ketuntasan belajar siswa 45,31% sebelum uji coba menjadi 84,38% pada hasil uji coba diperluas; Ranah afektif siswa mendapat predikat Baik (B) 18 siswa sebelum uji coba; pada uji coba diperluas siswa mendapat predikat Baik (B) 41 siswa dan predikat Sangat Baik (SB) 11 siswa; Ranah psikomotorik persentase ketuntasan belajar siswa 29,5% sebelum uji coba menjadi 76,5% pada hasil uji coba diperluas. Kata kunci: rencana pelaksanaan pembelajaran, Project based Learning, Buku Sekolah Elektronik, hasil belajar

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    T Technology > TH Building construction
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknik Bangunan
    Depositing User: Mujahid Zenul
    Date Deposited: 03 Dec 2016 09:38
    Last Modified: 03 Dec 2016 09:38
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/30434

    Actions (login required)

    View Item