PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DIGITAL SEJARAH NASIONAL INDONESIA BERBASIS KAKAWIN NEGARAKRETAGAMA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN EKSPLANASI SEJARAH MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SEJARAH FKIP UNIVERSITAS JEMBER

Romadlon, Sahru (2016) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DIGITAL SEJARAH NASIONAL INDONESIA BERBASIS KAKAWIN NEGARAKRETAGAMA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN EKSPLANASI SEJARAH MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SEJARAH FKIP UNIVERSITAS JEMBER. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (866Kb)

    Abstract

    SAHRU ROMADLONI. NIM S861502028. PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DIGITAL SEJARAH NASIONAL INDONESIA BERBASIS KAKAWIN NEGARAKRETAGAMA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN EKSPLANASI SEJARAH MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SEJARAH FKIP UNIVERSITAS JEMBER. Pembimbing I: Prof. Dr. Sariyatun, M.Pd, M.Hum. Pembimbing II: Prof. Dr. Hermanu Joebagio, M. Pd.. Tesis. Program Studi Magister Penddikan Sejarah. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret. Surakata. ABSTRAK Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk : (1) Mendeskripsikan proses pembelajaran Sejarah Nasional Indonesia di Program Studi Pendidikan Sejarah FKIP Universitas Jember., (2) Mendeskripsikan pengembangan bahan ajar digital Sejarah Nasional Indonesia berbasis Kakawin Negarakertagama untuk meningkatkan kemampuan eksplanasi sejarah., (3) Mendeskripsikan efektifitas bahan ajar digital Sejarah Nasional Indonesia berbasis Kakawin Negarakertagama untuk meningkatkan kemampuan eksplanasi sejarah. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian pengembangan (Reseach and Development). Model desain pengembangan menggunakan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. Implementasi tahapan disesuaikan kebutuhan peneliti. Berdasarkan hasil penelitian, pembelajaran masih sering menggunakan media buku, majalah dan jurnal. Tingkat kemampuan eksplanasi sejarah peserta didik masih rendah. Sebagian besar peserta didik masih belum mengetahui bahwa kemampuan eksplanasi sejarah sangat penting dalam pembelajaran sejarah. Sehingga perlu dikembangkan bahan ajar digital untuk meningkatkan kemampuan eksplanasi sejarah. Validasi ahli dijadikan pertimbangan untuk menyempurnakan bahan ajar digital pada tahap uji coba. Hasil Uji Validasi Ahli Media diperoleh nilai 4 (baik), Validasi Ahli Materi diperoleh nilai 4,2 (baik). Sedangkan hasil Uji Coba Satu-satu (3 responden) dengan nilai 4,17 (baik), Uji Coba Terbatas (10 responden) diperoleh nilai 4,07 (baik) dan Uji Coba Luas (30 responden) dengan hasil 4,12 . Pada Uji t diperoleh nilai 6,621 dengan taraf signifikansi 0,000 (0,000< 0,025), artinya terdapat pengaruh signifikan terhadap bahan ajar digital yang dikembangkan, sehingga rerata sebelum dan sesudah perlakuan kelas eksperimen tidak sama. Dengan demikian bahan ajar digital yang dikembangkan efektif untuk meningkatkan kemampuan eksplanasi sejarah. Kata Kunci: Pengembangan Bahan Ajar Digital, Kakawin Negarakertagama, Kemampuan Eksplanasi Sejarah

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: D History General and Old World > D History (General)
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Sejarah - S2
    Depositing User: Pratama Wisnu
    Date Deposited: 02 Dec 2016 21:09
    Last Modified: 02 Dec 2016 21:09
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/30428

    Actions (login required)

    View Item