PENERAPAN MODEL CTL DENGAN MEDIA GAMBAR DAN MIND MAPPING SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS X IIS 2 SMA NEGERI 5 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2014/2015

Ernawati, Rita (2016) PENERAPAN MODEL CTL DENGAN MEDIA GAMBAR DAN MIND MAPPING SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS X IIS 2 SMA NEGERI 5 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2014/2015. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (480Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Rita Ernawati. PENERAPAN MODEL CTL DENGAN MEDIA GAMBAR DAN MIND MAPPING SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS X IIS 2 SMA NEGERI 5 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2014/2015. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Juli 2016. Tujuan dari penelitian ini yang pertama adalah untuk meningkatkan motivasi belajar pada mata pelajaran sejarah siswa kelas X IIS 2 SMA Negeri 5 Surakarta tahun ajaran 2014/2015 melalui penerapan model CTL dengan media gambar dan mind mapping. Tujuan yang kedua adalah untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran sejarah siswa kelas X IIS 2 SMA Negeri 5 Surakarta tahun ajaran 2014/2015 melalui penerapan model CTL dengan media gambar dan mind mapping. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, pada tiap siklusnya terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IIS 2 SMA Negeri 5 Surakarta yang berjumlah 32 orang. Sumber data dalam penelitian berasal dari guru, siswa dan proses pembelajaran. Teknik pengumpulan data dilaksanakan dengan cara pengamatan, tes, wawancara, dokumentasi, dan angket. Uji validitas data menggunakan teknik trianggulasi, yaitu trianggulasi sumber atau data dan trianggulasi metode. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif komparatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) guru dapat menerapkan model CTL dengan media gambar dan mind mapping, sehingga kegiatan guru mengajar dan kegiatan siswa belajar di kelas dalam pembelajaran sejarah dapat meningkat. Rata-rata prosentase ketercapaian indikator kegiatan pembelajaran di kelas pada prasiklus 55,84 % meningkat menjadi 72,81% pada siklus I dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 83,85 %. (2) Penerapan model CTL dengan media gambar dan mind mapping dapat meningkatkan motivasi siswa kelas X IIS 2 SMA Negeri 5 Surakarta. Rata-rata prosentase ketercapaian indikator motivasi belajar sejarah pada prasiklus sebesar 67,8% meningkat menjadi 75,6% pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 78,2% pada akhir siklus ke II. (3) Penerapan model CTL dengan media gambar dan mind mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X IIS 2 SMA Negeri 5 Surakarta. Jumlah siswa yang tuntas KKM pada tahap prasiklus adalah 21 siswa dari 32 siswa atau dengan prosentase klasikal sebanyak 65,62 %. Pada siklus I mengalami peningkatan siswa yang tuntas KKM sebanyak 22 siswa dari 32 siswa atau dengan prosentase klasikal sebanyak 68,75 % dan pada siklus II meningkat lagi siswa yang tuntas KKM sebanyak 28 siswa dari 32 siswa atau dengan prosentase klasikal sebanyak 87,5%. Simpulan penelitian ini adalah penerapan model CTL dengan media gambar dan mind mapping dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar sejarah siswa kelas X IIS 2 SMA Negeri 5 Surakarta tahun ajaran 2014/2015. Kata kunci: model CTL, media gambar, mind mapping, motivasi dan hasil belajar

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: D History General and Old World > D History (General)
    L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
    Depositing User: Pratama Wisnu
    Date Deposited: 02 Dec 2016 20:49
    Last Modified: 02 Dec 2016 20:49
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/30423

    Actions (login required)

    View Item