Kesalahan Mahasiswa dalam Memahami Konsep Kuantor pada Materi Ruang Vektor

ADI PRASETYO W, BAYU (2016) Kesalahan Mahasiswa dalam Memahami Konsep Kuantor pada Materi Ruang Vektor. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (124Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendiskripsikan kesalahan-kesalahan yang dilakukan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UNS dalam memahami konsep kuantor pada materi ruang vektor, (2) mengetahui penyebab terjadinya kesalahan-kesalahan yang dilakukan mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UNS dalam memahami konsep kuantor pada materi ruang vektor. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini, observasi di kelas B aljabar linier tahun ajaran 2015/2016, tes di kelas B aljabar linier tahun ajaran 2015/2016, wawancara dilakukan terhadap siswa yang melakukan kesalahan. Pemeriksaan keabsahan data dengan menggunakan teknik triangulasi metode, yaitu dengan cara membandingkan data hasil tes dengan data hasil wawancara. Hasil penelitian dapat dipaparkan sebagai berikut. (1) Kesalahan yang dilakukan mahasiswa dalam memahami konsep kuantor pada materi ruang vektor antara lain, a) mengidentifikasi pernyataan-pernyataan yang mengandung kuantor dari definisi ruang vektor. b) mengidentifikasi jenis kuantor yang digunakan pada pernyataan definisi ruang vektor. c) menyatakan pernyataan yang mengandung kuantor pada definisi ruang vektor dengan simbol matematika. d) menegasikan pernyataan berkuantor dalam definisi ruang vektor. e) membuktikan kebenaran dari suatu pernyataan berkuantor pada definisi ruang vektor. (2) Penyebab terjadinya kesalahan karena mahasiswa: (a) tidak mengetahui definisi kuantor dengan benar. b) tidak memahami penggunaan kuantor dalam suatu pernyataan yang dicantumkan secara implisit. c) tidak memiliki pengtahuan yang luas mengenai simbol-simbol matematika. d) tidak dapat mengaitkan simbol dari kuantor dengan variabel serta himpunan yang terkait dalam suatu pernyataan matematika. e) tidak memahamo cara untuk menegasikan pernyataan berkuantor sesuai denga teori yang ada. f) tidak memahami teknik pembuktian matematika yang benar. g) tidak dapat mengaitkan konsep kuantor dengan teknik pembuktian yang benar.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Q Science > QA Mathematics
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
    Depositing User: Rina Dwi Setianingrum
    Date Deposited: 02 Dec 2016 19:59
    Last Modified: 02 Dec 2016 19:59
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/30403

    Actions (login required)

    View Item