keterampilan membaca aksara jawa melalui penerapan model pembelajaran talking stick berbantuan flash cards pada siswa kelas V SDN Negeri Jatimulyo tahun ajaran 2015/2016

MEIDIANITA, ARUM (2016) keterampilan membaca aksara jawa melalui penerapan model pembelajaran talking stick berbantuan flash cards pada siswa kelas V SDN Negeri Jatimulyo tahun ajaran 2015/2016. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (465Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Arum Meidianita. Peningkatan Keterampilan Membaca Aksara Jawa melalui Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Berbantuan Flash Cards (TSFC) Pada Siswa Kelas V SDN Jatimulyo Pati Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juli 2016. Tujuan penelitian ini adalah: 1)untuk meningkatkan hasil keterampilan membaca aksara Jawa, dan 2)memaparkan proses penerapan model pembelajaran talking stick berbantuan flash cards (TSFC) siswa kelas V SDN Jatimulyo, Pati. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Jatimulyo yang berjumlah 36 siswa. Sumber data pada penelitian ini yaitu guru, siswa, nilai keterampilan membaca aksara Jawa dan dokumen yang berkaitan dengan pembelajaran aksara Jawa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes, observasi, wawancara, dan dokumen.Validitas data pada penelitian ini menggunakan teknik triangulasi sumber dan teknik triangulasi pengumpulan data. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan penerapan model pembelajaran talking stick berbantuan flash cards (TSFC) dapat meningkatkan keterampilan membaca aksara Jawa siswa kelas V SDN Jatimulyo tahun ajaran 2015/2016. Hal ini dibuktikan hasil pada kondisi awal sebelum tindakan yaitu 22% atau 8 siswa tuntas dengan nilai rata-rata 63,19. Pada siklus I mengalami peningkatan menjadi 53% atau 19 siswa tuntas dengan nilai rata-rata 71. Siklus II meningkat menjadi 86% atau 31 siswa tuntas dengan nilai rata-rata 82. Selain itu, ada peningkatan kualitas proses pembelajaran membaca aksara Jawa model pembelajaran talking stick berbantuan flash cards (TSFC) siswa kelas V SDN Jatimulyo tahun ajaran 2015/2016. Peningkatkan proses pembelajaran tersebut dibuktikan dari peningkatan proses pembelajaran dan kinerja guru. Peningkatan kinerja guru terbukti pada nilai rata-rata siklus I sebesar 3,11 dan siklus II mencapai 4,5. Peningkatan proses pembelajaran membaca aksara Jawa pada siswa terbukti nilai rata-rata aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran membaca aksara Jawa. Pada siklus I nilai rata-rata aktivitas siswa mencapai 12,8 dan siklus II mengalami peningkatan menjadi 14,5. Simpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran talking stick berbantuan flash cards (TSFC) dapat meningkatkan keterampilan membaca aksara Jawa siswa kelas V SDN Jatimulyo tahun ajaran 2015/2016. Kata kunci: membaca aksara Jawa, talking stick, flash cards ABSTRACT Arum Meidianita. The Improvement of Reading Skill of Java Script through TSFC (Talking Stick with Flash Cards) to The Fifth Grade Students of SDN Jatimulyo Pati in the Academic Year 2015/2016. Minithesis. Teacher and Training Education Faculty of Sebelas Maret University. Surakarta. July 2016. The purpose of the research is:1) to improve the reading skills of Java Script, and 2)explain the application process of learning model type TSFC (talking stick with flash cards) in the fifth grade students of SDN Jatimulyo Pati. The research was a Classroom Action Research which conducted two cycles. Each cycle consisted of two meetings which includes planning, action, observation, and reflection. The subjects of the research were the fifth grade students of SDN Jatimulyo totaling 36 students. The data sources in the research were from teacher, students, the reading skill of Javanese script score and document which is related to reading Java script learning. The data collecting techniques were test, observation, interview, and document. The validity of data in this research used triangulation of source and technique of collecting data. The technique of analizing data used was an interactive model of analysis, wich such steps as data reduction, data display, and conclusion drawing or verification. The result of the research showed the application of type TSFC (Talking Stick with Flash Cards) of model could improve the reading Java sript skill to the fifth grade students of SDN Jatimulyo in the academic year 2015/2016. It can be proved by the results before the action, there was only 22% or 8 students who passed the test with the average class score was 63,19. In cycle I, the results increased to 53% or 19 students passed the test with average class score was 71. In cycle II, the result increased again to 86% or 31 students passed the test with class average score was 82. Then, there was an improvement of the quality of reading Java script skill learning process throught type of TSFC (Talking Stick with Flash Cards) model to the fifth grade students of SDN Jatimulyo in the academic year 2015/2016. The improvement of that learning process quality can be proved by the improvement of learning process and teacher performance. The improvement of teacher performance proved from the average score in cycle I was 3,11 and in cycle 4,5. The learning process improvement of reading Java sript was proved from the average score in every cycle. In cycle I, the average score 12,8 and in cycle II improved to 14,5. The conclusion of the research is the use of TSFC (Talking Stick with Flash Cards) of learning model can improve the reading Java script skill of the fifth grade students of SDN Jatimulyo Pati in the academic year 2015/2016. Keywords: reading Java script, talking stick, flash card

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Rina Dwi Setianingrum
    Date Deposited: 02 Dec 2016 19:46
    Last Modified: 02 Dec 2016 19:46
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/30398

    Actions (login required)

    View Item