HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN AFEKTIF DAN MATEMATIKA SISWA DENGAN KEMAMPUAN KOGNITIF FISIKA SISWA KELAS XI KEPERAWATAN SMK KESEHATAN CITRA MEDIKA SUKOHARJO

NUGRAHA, SEPTIAN BAYU (2016) HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN AFEKTIF DAN MATEMATIKA SISWA DENGAN KEMAMPUAN KOGNITIF FISIKA SISWA KELAS XI KEPERAWATAN SMK KESEHATAN CITRA MEDIKA SUKOHARJO. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (724Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Septian Bayu Nugraha. HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN AFEKTIF DAN MATEMATIKA SISWA DENGAN KEMAMPUAN KOGNITIF FISIKA SISWA KELAS XI KEPERAWATAN SMK KESEHATAN CITRA MEDIKA SUKOHARJO. Skripsi, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juli 2016. Tujuan penelitian untuk mengetahui: (1) ada atau tidak adanya hubungan antara kemampuan afektif dengan kemampuan kognitif Fisika siswa; (2) ada atau tidak adanya hubungan antara kemampuan Matematika siswa dengan kemampuan kognitif Fisika siswa ; (3) ada atau tidak adanya hubungan antara kemampuan afektif dan Matematika siswa dengan kemampuan kognitif Fisika siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode korelasi. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XI keperawatan 1 sejumlah 34 siswa yang seluruhnya dijadikan sampel dalam penelitian. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik total sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi. Teknik dokumentasi digunakan untuk mendapatkan data kemampuan afektif Fisika siswa, kemampuan Matematika siswa dan kemampuan kognitif Fisika siswa. Analisis data menggunakan analisis teknik regresi ganda dengan uji prasyarat hipotesis. Uji hipotesis menggunakan uji t dan uji F. Kesimpulan penelitian bahwa: (1) secara signifikan tidak ada hubungan yang positif antara kemampuan afektif dengan kemampuan kognitif Fisika siswa, dengan nilai thitung = 1,492 < ttabel= 2,036 dan nilai sig yang lebih besar dari 0,05 (0,146 > 0,05); (2) bahwa secara signifikan ada hubungan yang positif antara kemampuan Matematika dengan kemampuan kognitif Fisika siswa, dengan nilai thitung = 5,080 > ttabel= 2,036 dan nilai sig yang lebih kecil dari 0,05 (0,000 > 0,05) dan (3) bahwa secara signifikan ada hubungan positif antara kemampuan afektif dan kemampuan Matematika siswa secara bersama-sama dengan kemampuan kognitif Fisika siswa.Yang ditunjukkan dengan nilai Fhitung = 14,496 > dari Ftabel = 2,91 dan nilai sig yang lebih kecil dari 0,05 (0,000 > 0,05) Kata kunci: Kemampuan afektif, kemampuan matematika dan kemampuan kognitif Fisika siswa

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Q Science > Q Science (General)
    Q Science > QA Mathematics
    Q Science > QC Physics
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
    Depositing User: Sofi Wildan
    Date Deposited: 02 Dec 2016 19:39
    Last Modified: 02 Dec 2016 19:39
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/30393

    Actions (login required)

    View Item