Peningkatan Motivasi Belajar dan Keterampilan Berbicara Negosiasi dengan Penerapan Metode Role Playing Pada Siswa Kelas X IIS 3 SMA Batik 2 Surakarta 2016

Eko Saputro, Ardiyan (2016) Peningkatan Motivasi Belajar dan Keterampilan Berbicara Negosiasi dengan Penerapan Metode Role Playing Pada Siswa Kelas X IIS 3 SMA Batik 2 Surakarta 2016. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (348Kb)

    Abstract

    Ardiyan Eko Saputro. PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR DAN KETERAMPILAN BERBICARA NEGOSIASI DENGAN PENERAPAN METODE ROLE PLAYING PADA SISWA KELAS X IIS 3 SMA BATIK 2 SURAKARTA. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret Surakarta, Agustus 2016 Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan (1) motivasibelajar siswa dalam pembelajaran berbicara negosiasi; dan (2) meningkatkan keterampilan berbicara negosiasi dengan penerapan metode role playing pada siswa kelas X IIS 3 SMA Batik 2 Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan dengan kolaborasi antara peneliti dan guru mata pelajaran bahasa Indonesia dalam dua siklus. Langkah pembelajaran dengan metode role playing yang digunakan dalam penelitian ini adalah 1) Pemilihan masalah, 2) Pemilihan peran, 3) Menyusun tahap-tahap bermain peran, 4) Menyiapkan pengamat, 5) Pemeranan, 6) Diskusi dan evaluasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X IIS 3 SMA Batik 2 Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016, yang berjumlah 30 siswa pada proses pembelajaran berbicara negosiasi. Hasil penelitian adalah sebagai berikut ini. Pertama, adanya peningkatan motivasi belajaryang ditandai dari peningkatan motivasi belajar siswa pada prasiklus yaitu10,17 kategori kurang, pada siklus I meningkat 12,87 kategori baik, dan pada siklus II meningkat 13,90 kategori baik. Kedua, peningkatan keterampilan berbicara negosiasi juga dapat dilihat dari meningkatknya jumlah siswa yang mencapai KKM dengan skor ≥75 pada setiap siklus. Pada survei awal, nilai rata-rata keterampilan berbicara negosiasi siswa adalah 57,22 dengan persentase ketuntasan belajar 16,66%. Pada siklus I nilai rata-rata mencapai 74,67 dengan persentase ketuntasan belajar 50,00% dan pada siklus II nilai rata-rata mencapai 85,00 dengan persentase ketuntasan belajar 93,33%

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
    Depositing User: Rina Dwi Setianingrum
    Date Deposited: 02 Dec 2016 19:38
    Last Modified: 02 Dec 2016 19:38
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/30392

    Actions (login required)

    View Item