Pengembangan Aplikasi Estimasi Ukuran Perangkat Lunak Dengan Pendekatan Function Point Analysis (FPA) Menggunakan Metode Rapid Application Development (RAD)

, HAMZAH (2016) Pengembangan Aplikasi Estimasi Ukuran Perangkat Lunak Dengan Pendekatan Function Point Analysis (FPA) Menggunakan Metode Rapid Application Development (RAD). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (470Kb)

    Abstract

    Estimasi ukuran perangkat lunak berperan penting dalam proses pengembangan untuk menentukan arah dan tujuan serta menjaga proses pengembangan tetap dalam kendali. Untuk mendapatkan hasil estimasi yang akurat, diperlukan metode yang memiliki akurasi tinggi. Function Point Analysis (FPA) merupakan metode estimasi ukuran perangkat lunak yang memiliki akurasi cukup baik. FPA memperkirakan ukuran perangkat lunak dalam Function Point (FP) yang dapat digunakan untuk menghitung Line of Code (LOC). Dalam penelitian ini diusulkan untuk dibangun sebuah aplikasi yang dapat digunakan untuk memperkirakan ukuran software dengan metode FPA yang dapat digunakan oleh pengembang perangkat lunak. Metode pengembangan perangkat lunak yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rapid Application Development (RAD). Dibutuhkan empat iterasi untuk membangun aplikasi dalam penelitian ini. Dilakukan pengujian dengan metode Black Box menggunakan 13 data aplikasi pada iterasi keempat, didapatkan hasil nilai rata-rata error relatif hasil perhitungan yang dilakukan oleh aplikasi adalah sebesar 3,52%. Kata Kunci : Estimasi, Function Point Analysis, Line of Code, Rapid Application Development.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
    Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
    Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Informatika
    Depositing User: Tities Amrihtasari
    Date Deposited: 02 Dec 2016 19:34
    Last Modified: 02 Dec 2016 19:34
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/30389

    Actions (login required)

    View Item