MODEL PEMBELAJARAN SEJARAH BERBASIS PEMIKIRAN SOEKARNO UNTUK MENINGKATKAN SIKAP KEPEMIMPINAN SISWA SMA N 1 PONGGOK BLITAR

P, FANDU DYANGGA (2016) MODEL PEMBELAJARAN SEJARAH BERBASIS PEMIKIRAN SOEKARNO UNTUK MENINGKATKAN SIKAP KEPEMIMPINAN SISWA SMA N 1 PONGGOK BLITAR. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (946Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk: (1) Menganalisis dan mendeskripsikan pembelajaran sejarah di SMAN 1 Ponggok, (2) Mengembangkan model pembelajaran sejarah berbasis Pemikiran Soekarno untuk meningkatkan sikap kepemimpinan Siswa, (3) Menguji efektivitas model pembelajaran sejarah berbasis Pemikiran Soekarno untuk meningkatkan sikap kepemimpinan Siswa. Penelitian dan pengembangan ini disusun berdasarkan konsep yang telah dibuat oleh Borg and Gall. Implementasi tahapan dalam penelitian ini meliputi studi pendahuluan, pengembangan model pembelajaran, dan uji efektifitas model. Analisis data kelayakan model menggunakan skala Likert dengan rentang 5. Sedangkan uji efektivitas model menggunakan uji- T. Berdasarkan hasil penelitian, guru lebih banyak menggunakan metode ceramah (teacher centered). Tingkat sikap kepemimpinan siswa masih tergolong rendah. Sebagian besar siswa juga masih belum mengetahui bahwa pemikiran Soekarno mempunyai pengaruh yang besar terhadap bangsa Indonesia. Adapun langkah- langkah ini dibagi menjadi beberapa tahap antara lain tahap persiapan, pelaksanaan dan penutup. Validasi oleh pakar dijadikan pertimbangan untuk menyempurnakan model yang akan dikembangkan pada tahap uji coba. Hasil uji validasi model diperoleh nilai 4,50 (baik), validasi RPP diperoleh nilai 4,71 (baik),validasi soal dengan nilai 4,72 (baik) dan validasi bahan ajar/ materi diperoleh nilai 3,84 (baik). Hasil Uji- T sebesar 5,135 dengan taraf signifikansi 0,000 < 0,025, sehingga rerata sebelum dan sesudah perlakuan kelas eksperimen tidak sama. Dengan demikian model pembelajaran sejarah yang dikembangkan efektif untuk meningkatkan prestasi dan sikap kepemimpinan siswa. Kata Kunci: Pengembangan Model, Pemikiran Soekarno, Kepemimpinan Siswa

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: C Auxiliary Sciences of History > C Auxiliary sciences of history (General)
    D History General and Old World > D History (General)
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Sejarah - S2
    Depositing User: Tities Amrihtasari
    Date Deposited: 02 Dec 2016 18:57
    Last Modified: 02 Dec 2016 18:57
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/30370

    Actions (login required)

    View Item