Prosedur Pelayanan Kamar Tamu Oleh Room Attendant di Hotel Grand Orchid Solo

ARIANI, RIA (2016) Prosedur Pelayanan Kamar Tamu Oleh Room Attendant di Hotel Grand Orchid Solo. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (224Kb)

    Abstract

    Ria Ariani, C9413045, 2016. Prosedur Pelayanan Kamar Tamu Oleh Room Attendant di Grand Orchid Hotel Solo. Program Diploma III Usaha Perjalanan Wisata. Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret Surakarta. Laporan Tugas Akhir ini mengkaji tentang bagaimana prosedur pelayanan kamar tamu oleh room attendant di Grand Orchid Hotel Solo, apa saja tugas-tugas seorang room attendant, serta kendala-kendala apa saja yang di hadapi oleh seorang room attendant. Penulisan Tugas Akhir ini disajikan secara deskriptif kualitatif untuk mengetahui bagaimana prosedur pelayanan kamar tamu oleh room attendant di hotel Grand Orchid Solo, kendala-kendala yang dihadapi selama melakukan pelayanan kamar tamu serta cara menghadapi kendala-kendala tersebut. Metode pengumpulan data yaitu dengan observasi, wawancara, dokumen, serta studi pustaka. Data yang diperoleh tersebut kemudian dianalisis dan disajikan secara deskriptif. Hasil dari penelitian tersebut adalah prosedur pelayanan kamar tamu yang dilakukan oleh room attendant di hotel Grand Orchid Solo sudah bagus hal tersebut dapat dilihat dari adanya tamu-tamu yang ingin kembali lagi untuk menginap bahkan ada yang menjadi pelanggan tetap dan ddari hasil wawancara dari beberapa tamu hotel mereka menyatakan bagus dengan prosedur pelayanan kamar tamu yang dilakukan oleh room attendant di hotel Grand Orchid Solo. Tamu menghendaki untuk tidur dengan nyaman, aman, dan bersih, maka dari itu pihak hotel sendiri berusaha seoptimal mungkin untuk menjaga kualitas khususnya bagian kamar supaya tamu merasa puas dengan pelayanan yang diberikan dan dapat meningkatkan citra baik hotel. Kesimpulan bahwa kendala-kendala yang dihadapi oleh room attendant antara lain pendingin rungan yang tidak bekerja secara maksimal. Kamar penuh, persediaan linen bersih habis sedangkan cucian belum datang. Adanya kerak pada dinding dan lantai kamar mandi serta peralatan dari stainless steal berkarat yang mengurangi nilai keindahan kamar. Keluhan tamu yang dikarenakan televisi tidak berfungsi dengan baik, saluran telepon tidak bisa dan saluran air hangat yang tidak berfungsi. Wastafel bocor, toilet bowl flusher tidak bisa digunakan. Untuk mengatasi kendala-kendala tersebut, room attendant memeriksa terlebih dahulu kerusakan yang terjadi, apabila bisa diatasi sendiri makan akan diatasi bila tidak bisa maka akan dilaporkan ke atasan kemudian dilaporkan ke bagian engineering. Kata kunci: hotel, room attendant, kamar tamu.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    H Social Sciences > HF Commerce
    Divisions: Fakultas Sastra dan Seni Rupa
    Fakultas Sastra dan Seni Rupa > D3 - Usaha Perjalanan Wisata
    Depositing User: Sofi Wildan
    Date Deposited: 02 Dec 2016 18:12
    Last Modified: 02 Dec 2016 18:12
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/30360

    Actions (login required)

    View Item