Peningkatan Kemampuan Menyelesikan Soal Cerita Melalui Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education (penelitian tindakan kelas pada siswa kelas II SD Negeri Carangan No. 22 Surakarta tahun ajaran 2015/2016)

RAHAYU, DIAN RATRI (2016) Peningkatan Kemampuan Menyelesikan Soal Cerita Melalui Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education (penelitian tindakan kelas pada siswa kelas II SD Negeri Carangan No. 22 Surakarta tahun ajaran 2015/2016). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1834Kb)

    Abstract

    Abstract: The purpose of this research is to improve the ability in finishing story questions by using Realistic Mathematics Education (RME) learning model of 2nd grade students in SDN Carangan No. 22 Surakarta academic year of 2015/2016. The form of this research is class action observation which has done in two cycles. Each cycle consists of two meeting and four steps; i.e planning, action, observation, and reflection. The research subject is 2nd grade student of SDN Carangan No. 22 Surakarta which consist of 20 students. The data collecting tecnique is observation, interview, test, and documentation. The data analysis tecnique is in¬teractive model analysis tecniqeu Miles & Huberman which consist of 3 steps; i.e data reduction, data display, and conclusion. Validity tests of this research is used source and tecnique triangulation. The result of this re¬search shows that the ability in finishing story questions of student is improve by using Realistic Mathematics Education (RME). Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita dengan meng-gunakan model pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) pada siswa kelas II SD Negeri Carangan No. 22 Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang di¬lak¬sana¬kan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari 2 petemuan dan 4 tahapan, yaitu perencanaan, pe¬lak¬sanaan tin¬dakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas II SD Negeri Carangan No. 22 Su¬ra¬kar¬ta yang berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wa¬wancara, tes, dan dokumentasi. Tek¬nik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis model interaktif Miles & Huberman yang terdiri dari tiga ta¬hap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penyimpulan. Uji va¬liditas penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan me¬nyelesaikan soal cerita siswa meningkat melalui penggunaan model pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME). Kata kunci : Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME), kemampuan menyelesaikan soal cerita.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Q Science > QA Mathematics
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Tities Amrihtasari
    Date Deposited: 02 Dec 2016 18:03
    Last Modified: 02 Dec 2016 18:03
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/30355

    Actions (login required)

    View Item