PENGARUH VARIASI PENAMBAHAN BUBUK CAMPHOR DAN PEMAKAIAN BUSI IRIDIUM TERHADAP TORSI DAN DAYA SEPEDA MOTOR YAMAHA VIXION 2010

S, DHARMAWAN ADI (2016) PENGARUH VARIASI PENAMBAHAN BUBUK CAMPHOR DAN PEMAKAIAN BUSI IRIDIUM TERHADAP TORSI DAN DAYA SEPEDA MOTOR YAMAHA VIXION 2010. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (136Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Dharmawan Adi Saputro. K2512028. PENGARUH VARIASI PENAMBAHAN BUBUK CAMPHOR KE DALAM BAHAN BAKAR PERTALITE DAN PEMAKAIAN BUSI IRIDIUM TERHADAP TORSI DAN DAYA SEPEDA MOTOR YAMAHA VIXION 2010. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juni 2015. Tujuan penelitian ini adalah menyelidiki (1) pengaruh variasi penambahan bubuk camphor ke dalam bahan bakar pertalite terhadap torsi dan daya sepeda motor Yamaha Vixion 2010; (2) pengaruh pemakaian busi iridium terhadap torsi dan daya sepeda motor Yamaha Vixion 2010; (3) pengaruh bersama variasi penambahan bubuk camphor ke dalam bahan bakar pertalite dan pemakaian busi iridium terhadap torsi dan daya sepeda motor Yamaha Vixion 2010. Populasi dalam penelitian ini adalah sepeda motor Yamaha Vixion 2010. Sampel yang digunakan adalah sepeda motor Yamaha Vixion 2010 dengan nomer polisi AD 2057 BO, dan nomer rangka MH33C1005CK959299, dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Teknik analisi data yang digunakan adalah statistik deskriptif yaitu dengan cara mendeskripsikan data yang telah terkumpul sebagaimana adanya. Hasil penelitian adalah sebagai berikut (1) ada pengaruh variasi penambahan bubuk camphor ke dalam bahan bakar pertalite, yaitu terjadi peningkatan torsi dan daya maksimum pada pencampuran 1 gram/liter peralite dengan bubuk camphor; (2) ada pengaruh pemakaian busi iridium, yaitu diperoleh torsi dan daya yang lebih rendah daripada pemakaian busi standar; (3) ada pengaruh penambahan bubuk camphor ke dalam bahan bakar pertalite dan pemakaian busi iridium, yaitu terjadi penurunan torsi dan daya pada semua perlakuan. Kata Kunci: Pertalite, camphor, busi, torsi dan daya.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
    Depositing User: Tities Amrihtasari
    Date Deposited: 02 Dec 2016 17:57
    Last Modified: 02 Dec 2016 17:57
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/30354

    Actions (login required)

    View Item